Zona Hijau Menurun, Satgas Covid -19 Kota Balikpapan Kembali Ingatkan Warga

Redaksi

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Memasuki minggu pertama PPKM Mikro Perpanjangan ke tujuh (24 Mei – 6 Juni 2021) Satgas Covid-19 Kota Balikpapan mencatat terjadi penurunan zona hijau. Jika pada perpanjangan keenam (10 – 23 Mei 2021) Zona Hijau tercatat 1.551 RT, saat ini turun menjadi 1.443 RT. Artinya terdapat 108 RT naik statusnya menjadi Zona Kuning. 

Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Satpol PP Kota Balikpapan- Zulkifli mengatakan penurunan Zona Hijau sebelumnya juga terjadi pada PPKM MIkro Perpanjangan Kelima (25 April – 09 Mei 2021). Saat ini penurunan menjangkau satu persen dari 1.460 RT yang masuk Zona Hijau.

“Artinya saat ini, Zona HIjau jika sebelumnya pada Perpanjangan Keenam menjangkau 92,1 persen dari jumlah RT, Perpanjangan Ketujuh kali ini menjadi 85,6 persen dari jumlah RT,” kata Zulkifli pada Jumat (28/ 05/ 2021).

Ia pun dengan tegas meminta masyarakat bekerjasama dengan Satgas Penanganan Covid-19 untuk menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19. Caranya adalah tetap menjaga jarak dan meminta tamu, khususnya yang berasal atau baru tiba dari luar daerah untuk bisa menunjukan surat hasil rapied antigen.

Jika tamu atau keluarga yang baru tiba dari luar daerah tidak bisa menunjukan surat tersebut, maka diminta segera melapor ke PPKM setempat, agar dibuatkan surat pengantar mengikuti rapied antigen di puskesmas terdekat.

“Jadi tamu warga pendatang atau keluarga yang baru tiba dari luar daerah bisa meminta surat PPKM mini. Nanti dapat antigen gratis di puskesmas terdekat,” kata Zulkifli.

Untuk Zona Kuning hingga PPKM MIkro Perpanjangan Ketujuh ini berjumlah 240 RT atau menjangkau 14,25 persen dari jumlah RT. Angka ini mengalami kenaikan 109 RT dari minggu lalu 131 RT. Zona Orange terdapat satu RT (RT. 10 Manggar). Angka ini mengalami penurunan dari minggu lalu dua RT.

Zulkifli menambahkan adapun kriteria zonasi sesuai Inmendagri Nomo. tujuh Tahun 2021 adalah:

  • Hijau: tidak ada kasus, tidak ada perubahan
  • Kuning: 1 – 2 rumah. Sebelumnya 1 – 5 rumah
  • Orange: 3 – 5 rumah, sebelumnya 6 – 10 rumah
  • Merah: lebih dari 5 rumah, sebelumnya lebih dari 10 rumah.

“Zona Merah Alhamdulillah tidak ada. Untuk itu kita ingatkan dan mengimbau masyarakat untuk mentaati dan waspada penularan wabah covid-19 ini,” ujarnya lagi. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Resmi Menjabat Wali Kota Balikpapan, Ini Program Prioritas Rahmad Mas’ud

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN—Wali Kota Balikpapan Terpilih periode 2021- 2024 Rahmad Masud mengatakan Balikpapan memiliki kehidupan lima dimensi. Pertama, pemerintahan. Dimensi pemerintahan yang meliputi perencanaan dan manajemen, proses partisipasi semua pihak, aktivitas LSM, transparansi dan semangat antikorupsi, demokrasi dan, anggaran; Kedua, lingkungan hidup yang meliputi perencanaan lingkungan, keberlanjutan lingkungan, polusi dan sampah […]

Subscribe