Libatkan Mahasiswa Lokal, PT KPI Unit Balikpapan Wujudkan Program Ulun Begawi

Redaksi

MEDIAONLINEIDC.COM; BALIKPAPAN-– PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar Pembukaan Program Ulun Begawi di Kantor Besar PT KPI Unit Balikpapan. PT KPI Unit Balikpapan membuka praktik kerja lapangan di bagian Communication, Relations & CSR melalui program Ulun Begawi Project Batch 1. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa-mahasiswi semester 5 keatas di Kalimantan Timur.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Dodi Yapsenang membuka acara ini. Dalam sambutannya Dodi menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari upaya PT KPI Unit Balikpapan untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas calon tenaga kerja lokal di Kalimantan Timur.

“Program ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan hubungan yang kuat dengan masyarakat serta pemahaman yang lebih baik tentang tanggung jawab sosial perusahaan,” ujar Dodi.

Program Ulun Begawi Project Batch 1 ini berhasil mendapat respon positif dengan total pendaftar sebanyak 228 mahasiswa. Setelah melalui tahap seleksi PT KPI Unit Balikpapan memilih 9 mahasiswa aktif untuk ikut bekerja di perusahaan. 9 mahasiswa tersebut berasal dari 4 Universitas di Kalimantan Timur dengan latar belakang jurusan yang beragam.

Dodi juga menjelaskan bahwa Ulun Begawi Project dapat meningkatkan kualitas SDM lokal. “Program ini merupakan upaya perusahaan dalam meningkatkan kualitas SDM dan menyiapkan tenaga kerja lokal yang kompeten. Peserta yang lolos sudah terbagi menjadi Community Development Asisstant berjumlah 5 orang, Communication Relation Asisstant berjumlah 3 orang dan Creative Content Creator berjumlah 1 orang,” jelas Dodi.

Selama proses Ulun Begawi Project, mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan CSR yang dilaksanakan oleh PT KPI Unit Balikpapan. Kegiatan tersebut meliputi program penghijauan, pemberdayaan masyarakat, dan program kesehatan masyarakat.

“Partisipasi mereka dalam kegiatan ini akan membantu meningkatkan dampak positif yang dihasilkan oleh program CSR. Selain itu, juga memberikan mahasiswa pemahaman yang lebih baik tentang peran dan tanggung jawab perusahaan dalam membangun hubungan yang berkelanjutan dengan masyarakat,” tambah Dodi.

Kegiatan ini juga diisi dengan materi terkait bagaimana tugas dan tanggung jawab Pertamina khususnya terkait lingkup proses bisnis kilang minyak serta produk-produk yang dihasilkan oleh Engineering Development. Mahasiswa/i juga dibekali dengan materi AKHLAK yang disampaikan oleh fungsi Human Capital (HC) dimana AKHLAK merupakan nilai-nilai dasar atau core values yang sudah ditetapkan oleh Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Fathan Rizkiyawan asal Institut Teknologi Balikpapan yang terpilih dalam program Ulun Begawi berharap dirinya dapat lebih mengenal perusahaan dan siap untuk bekerja.

“Semoga program Ulun Begawi Project di PT KPI Unit Balikpapan memberikan saya pengalaman yang sangat berharga dalam mengelola komunikasi perusahaan dan terlibat langsung dalam program CSR yang bermanfaat bagi masyarakat setempat. Saya merasa ingin terus berkontribusi dalam membangun hubungan yang positif antara perusahaan dan masyarakat,” ujar Fathan.

Kegiatan ditutup dengan permainan tebak gambar seputar program tanggung jawab sosial, yang dimana peserta ditantang untuk menebak sebuah gambar yang mewakili program CSR PT KPI Unit Balikpapan. Terlihat para mahasiswa menjawab setiap gambar yang diberikan dengan antusias. (*/ Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Aksi Cepat Personil Brimob Batalyon A Pelopor Bantu Padamkan Kebakaran Rumah Di Sumber Rejo Balikpapan

MEDIAONLINEIDC.COM; BALIKPAPAN – Kebakaran hebat melanda sebuah rumah bertingkat dua di Jalan Sungai Ampal RT 43, Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Minggu (9/6/2024) sore. Api yang berkobar sekitar pukul 18.05 Wita itu, sempat menimbulkan kepanikan warga sekitar. Tim Respons Bencana Batalyon A Pelopor Satbrimob […]

Subscribe