UMKM Binaan Kilang Pertamina Unit Balikpapan Siap Pasarkan Produk

Redaksi

MEDIAONLINEIDC.COM; BALIKPAPAN – Setelah sebelumnya sukses dalam kegiatan UMKM Naik Kelas melalui Sertifikasi Penyuluhan Keamanan Pangan, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan kembali bekerja sama dengan Rumah BUMN Kalimantan Timur. Kali ini, kegiatan lanjutan yang dilakukan yaitu Pelatihan Kemasan dan Strategi Branding untuk Produk Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM). Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah BUMN Balikpapan, Kamis (29/02).

Pelatihan dihadiri oleh 8 kelompok binaan PT KPI Unit Balikpapan yang diantaranya adalah kelompok Rawabening Margasari, Wasiat Baru Ilir, Wasiat Baru tengah, Wasiat Dewi Shinta Girimukti, Proklim Muara Rapak, Pelita Borneo Baru Tengah, Mario Jela Margasari, dan Petratonik Karang Joang. Selain itu, hadir pula UMKM Binaan Rumah BUMN serta pelaku usaha di wilayah Ring 1 Perusahaan.

Dalam kesempatan ini, CEO Rumah BUMN Kalimantan Timur Hitler Sijabat menyampaikan dukungan serta apresiasinya kepada para peserta yang sudah hadir dalam kegiatan ini. “Ini merupakan suatu bentuk kolaborasi yang baik antara PT KPI unit Balikpapan dengan Rumah BUMN. Ini adalah suatu bentuk kepedulian kami dengan para pelaku usaha yang ada di Balikpapapan. Semoga setelah hadir dari kegiatan ini, ibu-ibu sekalian dapat mengambil ilmu yg bermanfaat dan menghasilkan output yang baik dan berdampak pada produk masing-masing,” ucap Hitler.

Kegiatan ini merupakan sebuah upaya dalam mendukung pelaku UMKM yang ada di Balikpapan, khususnya binaan PT KPI Unit Balikpapan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sebuah tindak lanjut yang dilakukan oleh PT KPI Unit Balikpapan setelah sebelumnya telah melakukan beberapa kegiatan guna mendukung dan menaikkan kelas produk UMKM.

Sebagai Informasi, PT KPI Unit Balikpapan sebelumnya telah melakukan Pelatihan dan Sertifikasi Penyuluhan Keamanan Pangan sebagai dukungan upaya legalisir Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Kegiatan tersebut juga bekerja sama dengan Rumah BUMN serta melakukan sosialisasi pelatihan pembuatan Produk turunan bersama dengan Politeknik Negeri Balikpapan.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Kalimantan (ITK) sebagai Pemateri. Materi yang disampaikan adalah Strategi Branding Bagi Para UMKM. Materi kedua dibawakan oleh perwakilan dari Rumah BUMN terkait spesifikasi kemasan untuk jenis produk yang ada pada UMKM.

Di tempat terpisah, Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Kahfi Haqi Arasyi menyampaikan harapan besarnya dari adanya kegiatan ini. “Semoga setelah kegiatan ini, nantinya semua peserta yang hadir dapat menaik kelaskan produk masing-masing. Harapannya ada ilmu yg bisa kita ambil pada kesempatan kali ini. Produk-produk kita dapat menjadi produk unggulan khas Kalimantan Timur, produk kita dapat di display pada pasar-pasar modern maupun pusat wisata. Semoga nantinya produk kita yg ada dapat menjangkau konsumen dengan lebih luas lagi,” tutup Kahfi.

Dengan adanya pelatihan kemasan dan strategi branding produk ini, dapat menambah nilai tambah dalam memepercantik produk-produk UMKM bagi para pelaku UMKM. Baik mitra binaan Pertamina maupun masyarakat sekitar yang ikut serta dalam pelatihan ini. (*/ Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sambut Ramadhan, PWP Kilang Pertamina Unit Balikpapan Salurkan 1.000 Paket Sembako Untuk Warga PPU

MEDIAONLINEIDC.COM; PENAJAM PASER UTARA – Bulan Ramadhan 1445 Hijriah merupakan waktu yang dinanti-nantikan oleh Umat Muslim di seluruh dunia. PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan melalui Persatuan Wanita Patra (PWP) tingkat Wilayah Balikpapan dalam menyambut Ramadhan melakukan Bakti Sosial dengan menyalurkan sebanyak 1.000 paket sembako di wilayah Kabupaten Penajam […]

Subscribe