Gelar Pelatihan Daur Ulang Sampah Multilayer, Pertamina Terus Upayakan Masyarakat Kelola Limbah Plastik Kemasan

Redaksi

MEDIAONLINEIDC.COM; BALIKPAPAN – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan bersama kelompok binaan Program Pengolahan Limbah Terpadu (Pelita Borneo) 38 melakukan sosialisasi dan pelatihan daur ulang sampah plastik kemasan multilayer. Kegiatan dilakukan di Rumah Kreatif Pelita Borneo RT 38, Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat, Selasa (30/01).

Kegiatan tersebut melibatkan warga Kelurahan Baru Tengah RT 38, RT 39, RT 40, RT 45, Perwakilan dari Lembaga Pendidikan yaitu SMP Islam Al-Ula dan SDN 013 Balikpapan Barat serta Mitra Binaan yaitu Warga Siaga Sehat Ria Manuntung.

Sosialisasi dan pelatihan dibuka oleh Ketua Pelita Borneo, Alfian. “Pelatihan pengolahan sampah sudah sering kita realisasi. Ada beberapa pelatihan dan sosialisasi terkait sampah organikn menjadi eco-enzyme dan kompos, lalu ada juga pengelolaan sampah anorganik menjadi eco-brick, eco-boba, eco-roster dll. Pada kesempatan kali ini, pelatihan akan dilakukan dalam bentuk pengelolaan sampah kemasan plastik menjadi produk plastik multilayer,” Ujar Alfian.

Pelita Borneo 38 belum lama ini baru saja dianugerahi penghargaan kategori Mengembangkan Edukasi Perubahan Iklim dari Indonesia Green Awards. Ancaman perubahan iklim menjadi konsentrasi utama dari kegiatan ini. Sepanjang tahun 2023, kelompok ini telah memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar terkait pengolahan sampah.

Pelatihan semacam ini mendapatkan apresiasi dan dukungan dari warga sekitar. “Sebagai warga yang sudah cukup sering mendapatkan manfaat dari adanya program Pelita Borneo ini, saya sangat berterima kasih kepada pihak Pertamina yang selalu mendukung warga kami untuk terus peduli lingkungan melalui program Pelita Borneo. Harapannya dengan adanya pelatihan ini dapat mendorong warga untuk terus peduli dalam mengelola sampah dari rumah masing–masing,” Ujar Abdul Rasyid selaku Ketua RT 38.

Selain itu, adanya Rumah Kreatif Pelita Borneo 38 juga menjadi pusat edukasi atau pembelajaran bagi masyarakat atau pelajar yang ingin belajar mengenai pengelolaan limbah sampah rumah tangga. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan daur ulang sampah plastik kemasan multilayer ini menjadi produk berbagai jenis tas, dan wadah tisu.

Sementara itu, Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR Kahfi Haqi Arasyi menyampaikan “Program Pelita Borneo 38 merupakan salah satu kelompok binaan kami. Produk olahan sampah anorganik maupun organik di Pelita Borneo ini sudah sangat beragam. Harapannya dengan keberagaman hasil produk tersebut, peserta yang hadir dalam pelatihan hari ini mampu mendorong kreativitas dalam pengolahan sampah dimulai dari rumah tangga masing-masing,” tutup Kahfi. (*/ Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

KPU Sempurnakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Balikpapan

MEDIAONLINEIDC.COM; BALIKPAPAN– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan lakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Kecamatan Balikpapan Kota bertempat Gedung Klandasan pada Rabu (31 Januari 2024). Pihak yang dilibatkan dalam simulasi tersebut adalah para saksi, para pemilih yang berdomisili di sekitar kawasan tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Panitia Pemilihan Kecamatan […]

Subscribe