Torpedo Perang Dunia Ke II Di Temukan Di Buluminung Kabupaten PPU

Redaksi

MEDIAONLINEIDC.COM; Penajam – Perang Dunia II yang berlangsung pada 1939 – 1945 meninggalkan banyak medan perang, kamp kematian, hingga berbagai artefak. Dibalik sejarah Perang Dunia II, ternyata terdapat banyak hal menarik hingga tempat yang tersembunyi. (04/01)

Namun tak sedikit pula peninggalan Perang Dunia II ditemukan di beberapa daerah, dan hingga menjadi tujuan wisata edukasi sampai sekarang.

Baru-baru ini penemuan yang diduga sisa-sisa Perang Dunia Ke II tersebut ditemukan di hutan yang masuk dalam kawasan Kelurahan Buluminung Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Sebuah benda ini di duga berjenis Torpedo sisa Perang Dunia Ke II yang ditemukan pada tanggal 22 September 2023 sekira pukul 17.15 WITA oleh warga setempat berinisial YM (43tahun) dan YK (24tahun) yang sedang mengecek jerat babi hutan.

Atas kejadian itu saudara YM dan YK keesokan harinya menggali tanah yang menutup benda tersebut dan menyandarkannya ke pohon.

Atas kejadian tersebut, Kapten Inf Marthinus Apuy Danramil 0913-01/Pnj yang mendapat informasi tersebut dari Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten PPU Ibu Helena Samuel melaporkan kejadian tersebut kepada Komandan Kodim 0913/PPU dan mengecek langsung ke lokasi penemuan benda itu.

Dandim 0913/PPU Letnan Kolonel Inf Arfan Affandy, SE. kepada Media Pendam VI/Mlw membenarkan informasi tersebut, “Ya, penemuan yang diduga torpedo itu benar, saat ini masih ditangani tim jihandak dari Yonzipur 17/AD dan Paldam VI/Mlw.”

Saat berita ini tayang, tim penjinak bahan peledak dari Yonzipur 17/AD dan Paldam VI/Mlw telah mengidentifikasi handak (bahan peledak) yg ditemukan berjenis bom dengan ukuran panjang 90cm dan diameter 80cm yang dilepaskan dari pesawat terbang, daya ledaknya 50 meter mematikan, 100 meter melukai dan saat ini bom tersebut sudah tidak aktif serta akan diserahkan kepada Satuan Gudang Munisi Daerah Balikpapan untuk dilakukan pemusnahan. (Pendam VI/Mlw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Maratua, Surga Destinasi Ecotourisme Bumi Batiwakkal Berau, Kaltim

MEDIAONLINEIDC.COM; BERAU– Maratua Island atau Pulau Maratua merupakan Pulau nan cantik berbentuk unik melengkung tajam di Bumi Batiwakkal, terletak di Laut Sulawesi, berbatasan dengan negara Malaysia, laksana mutiara terpendam dengan keindahan alamnya menjadi daya tarik bagi Kabupaten Berau, dan menjadi surga destinasi ecotourisme Provinsi Kalimantan Timur.           Pulau Maratua sendiri […]

Subscribe