Kolaborasi, Kilang Pertamina Unit Balikpapan Dukung Edukasi Mengatasi Bahaya di Pantai

Redaksi

MEDIAONLINEIDC.COM; Balikpapan – Sebagai kota yang berada di wilayah pesisir, Balikpapan memiliki banyak kawasan wisata pantai. Pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati masyarakat. Dengan biaya yang relatif terjangkau, pantai menyajikan pemandangan indah bagi para pengunjungnya.

Banyaknya pengunjung setiap harinya, membuat aspek keselamatan di kawasan wisata pantai menjadi sangat penting. Untuk itu, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan bekerjasama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran Balikpapan menggelar Sosialisasi Potensi Bahaya Bagi Keselamatan Pengunjung di Kawasan Wisata Pantai Balikpapan. Acara digelar di La Piazza, Banua Patra, Balikpapan (Selasa, 23/05).

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Balikpapan Lauhul Mahfudz mengatakan bahwa kegiatan tersebut diadakan untuk meningkatkan kesadaran pengunjung akan pentingnya keselamatan jika berkunjung ke pantai. “Pemahaman risiko terhadap keselamatan di laut wajib kita miliki. Kami ingin memperbanyak sosialisasi ke masyarakat mengenai kebencanaan, karena Balikpapan rawan potensi bencana,” kata Mahfudz.

Menyasar anak muda, acara sosialisasi ini diikuti oleh Pelajar dari 20 SMA/SMK serta komunitas-komunitas yang ada di Balikpapan. Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan pengetahuan masyarakat mengenai kebencanaan, khususnya potensi bahaya di kawasan pantai di Balikpapan.

Mahfudz juga menjelaskan bahwa generasi muda Balikpapan harus mempunyai orientasi yang kuat terhadap penanganan penanggulangan bencana. “Masyarakat sejak dini harus paham mengenai kebencanaan minimal dari hal kecil. Seperti kita waktu berlibur di pantai, ketika terjadi sesuatu di pantai seperti apa tindakan kita,” jelas Mahfud.

Selain penyampaian materi dari Politeknik Ilmu Pelayaran Balikpapan, Sosialisasi Potensi Bahaya Bagi Keselamatan Pengunjung di Kawasan Wisata Pantai Balikpapan juga diisi oleh Enviromental Complience PT KPI Unit Balikpapan. Materi yang disampaikan terkait dengan program sosial lingkungan yang telah dilakukan PT KPI Unit Balikpapan. Kegiatan juga turut dimeriahkan dengan Simulasi Evakuasi Korban Dari Air oleh pemateri dari BASARNAS.

Mahfudz mengapresiasi PT KPI Unit Balikpapan karena telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini. “Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Kilang Pertamina Internasional RU V Balikpapan karena sudah mendukung acara ini. Semoga kedepannya acara ini dapat terus berlangsung lebih besar lagi dan memberikan pengaruh positif ke masyarakat mengenai awareness kebencanaan,” ucap Mahfudz.

Salah satu peserta dari SMK Kartika, Martin Riyandri mengatakan dirinya mendapatkan banyak pelajaran pada kegiatan ini. “Kegiatan hari ini dapat banyak materi mengenai bahaya bermain di pantai serta apa yang pertama dilakukan ketika terjadi bencana. Harapan kedepannya semoga lebih banyak mengerti mengenai potensi bahaya dan penanganannya agar lebih aman ketika bermain di kawasan pantai,” kata Martin.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan pentingnya sosialisasi ini bagi warga kota Balikpapan khususnya anak muda. “Sebagai warga kota Balikpapan yang tinggal di wilayah pesisir, khususnya anak muda sangat penting tentunya untuk memahami potensi bahaya dan cara mengatasi dampak dari bahaya di wilayahnya. Antisipasi kita lakukan bukan hanya melalui sarana prasarana, melainkan juga literasi tentang potensi bahaya tersebut,” kata Chandra.

Lebih dalamnya lagi, Chandra juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud hubungan timbal-balik antara perusahaan dan masyarakat untuk saling menjaga. “Berbagi pengetahuan dan pemahaman kepada anak muda, merupakan upaya perusahaan untuk berperan aktif dalam menjaga masyarakat khususnya anak-anak kita, sebagaimana masyarakat selama ini telah turut serta menjaga kilang PT KPI Unit Balikpapan,” tutup Chandra. (*/ Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kawal Penyaluran Pada Penerbangan Pertama Haji 2023 di Balikpapan, Pertamina Pastikan Kebutuhan Avtur Terpenuhi

MEDIAONLINEIDC.COM; Balikpapan – Dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan bakar penerbangan pada penerbangan haji tahun 2023, PT Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan memastikan stok dan penyaluran avtur selama penerbangan haji fase 1 dan 2 berjalan lancar. Hal ini disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga […]

Subscribe