Kilang Pertamina Unit Balikpapan Peringati Hari International Fire Fighter

Redaksi

MEDIAONLINEIDC.COM; BALIKPAPAN– Operasional kilang menuntut kesiapsiagaan untuk menghadapi semua kondisi yang mungkin terjadi walaupun hal tersebut tidak diinginkan. Kesiapsiagaan ini tidak hanya melingkupi kesiapsiagaan peralatan, namun juga sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan kompetensi untuk menghadapinya.

Hal tersebut disampaikan oleh General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho saat pelaksanaan upacara peringatan Hari International Fire Fighter di lingkungan KPI Unit Balikpapan bertempat di Gedung New HSSE KPI Unit Balikpapan, (Kamis, 04/05).

Pelaksanaan upacara ini juga dilangsungkan secara hybrid dari Kantor Pusat PT KPI bersama seluruh Unit Kilang PT KPI.Sebagai informasi, peringatan International Fire Fighter Day bermula saat adanya kejadian kebakaran hutan pada tahun 1999 di Australia yang mengorbankan nyawa 5 orang petugas pemadam kebakaran.Dan tanggal 4 Mei adalah merupakan hari kelahiran Santo Florian, salah satu legenda petugas pemadam kebakaran pertama dari Batalion Romawi yang telah menyelamatkan banyak nyawa.

Menurut Bayu, peringatan Hari International Fire Fighter tersebut juga merupakan salah satu wujud komitmen Pertamina dalam rangka mengapresiasi seluruh insan pemadam kebakaran di seluruh dunia, dan khususnya di KPI Unit Balikpapan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi, kontribusi, serta loyalitas dalam menjalankan tugas mencegah dan menanggulangi kebakaran, serta keadaan emergency lainnya. Kita berharap situasi-situasi emergency tersebut hanya kita temui dalam latihan-latihan semata,” harap Bayu.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyematan atribut kepangkatan untuk Fire Brigade, guna memberikan kemudahan dan memperlancar komunikasi lapangan, memiliki keseragaman identitas pakaian kerja yang memperkuat identitas perusahaan secara korporasi dan memenuhi kriteria perlindungan keselamatan kerja.

“Saya yakin bahwa Pekerja dan Mitra Kerja KPI Unit Balikpapan merupakan sumber daya manusia terpilih yang unggul dan mampu menjadi Fire Fighter yang tangguh dengan kompetensi yang tetap ditingkatkan, baik dalam hal kecepatan, ketahanan & ketepatan mengambil keputusan,” kata Bayu.

Peringatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional di PT KPI Unit Balikpapan mengangkat tagline “Fire Prevention Is Our Intention”.

Selanjutnya setelah upacara kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi pemadaman api serta proses evakuasi untuk korban di ketinggian.Sebagai penutup, Bayu juga menyampaikan harapannya agar semua pekerja yang bergabung dalam Fire Brigade PT KPI Unit Balikpapan dapat terus meningkatkan kompetensi dan kemampuannya.

“Kita harus terus meneruskan kemampuan dan kompetensi kita. Dan tentunya kita berharap, kilang kita dapat terus beroperasi dengan aman dan lancar,” tutup Bayu.Media ContactEly Chandra Perangin Angin. (*/Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Demi Tugas, Satgas TMMD Ke 116 Rela Tinggalkan Keluarga

MEDIAONLINE.COM; TARAKAN–Sebagai wujud pengabdian yang tulus kepada tanah air dan bangsa para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD yang ke-116 dengan penuh semangat dan tekat baja telah mempersiapkan diri untuk berangkat menuju tempat pelaksanaan TMMD 116 di wilayah Kel.Pantai Amal Kec.Tarakan Timur. Seperti Koptu Abdul Hakim,prajurit Kodim 0907/Trk yang tergabung […]

Subscribe