Safari Ramadan Ke-3 PT KPI Unit Balikpapan Digelar Di Sungai Wain

Redaksi

MEDIAONLINEIDC.COM; Balikpapan – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, kembali gelar Safari Ramadan bersama masyarakat disekitar wilayah operasi perusahaan. Warga yang dikunjungi kali ini adalah yang terletak di sekitar fasilitas Water Intake. Tepatnya di masjid Baitul Rahim RT 36 Jalan Sungai Wain, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, (Sabtu, 1/04).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai ba’da ashar hingga selesai solat tarawih ini, disambut dengan antusias oleh ratusan warga. Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Baitul Rahim Apriadi mewakili warga sekitar masjid, mengutarakan rasa terimakasihnya atas kunjungan Safari Ramadan ini, “Terimakasih yang tak terkira kepada rombongan Safari Ramadan Pertamina RU V Balikpapan, yang telah menyempatkan diri untuk dapat hadir bersama kami di bulan suci ramadan tahun ini,” ucap Apriadi.

Tak hanya itu, Apriadi juga menyampaikan terima kasihnya untuk bantuan yang dibawa oleh rombongan Safari Ramadan PT KPI Unit Balikpapan. “Terimakasih juga yang sebesar-besarnya, atas bantuan yang diberikan kepada kami. Baik berupa bantuan masjid, maupun santunan anak-anak yatim dan dhuafa di sekitar Masjid Baitul Rahim,” kata Apriadi.

PT KPI Unit Balikpapan memberikan bantuan kepada masyarakat berupa santunan anak yatim dan dhuafa, dan bantuan operasional Masjid Baitul Rahim dari Badan Dakwah Islam Pertamina. Selain itu, PT KPI Unit Balikpapan juga memberikan 100 Paket Sembako Ramadan dari dana Employee Volunteerism dan Persatuan Wanita Patra (PWP). Kemudian ada juga 15 paket sembako untuk Takmir masjid dan guru TPA/TPQ Masjid Baitul Rahim dari Baituzzakah (Bazma) Pertamina Unit Balikpapan.

General Manager PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho dalam sambutannya menyampaikan maksud kedatangan rombongan Safari Ramadan ini, “Sengaja kami datang dalam satu rombongan yang besar, lengkap semua (fungsi) para manajer, perwira dan pertiwi Pertamina, tidak lain tidak bukan maksud kedatangan kami adalah silaturahmi. Menjaga tali persaudaraan, khususnya dengan masyarakat ring 1 disekitar fasilitas Water Intake Sungai Wain,” kata Bayu.

Bayu juga menjelaskan pentingnya menjalin hubungan yang baik antara masyarakat dan pekerja Pertamina. Hal ini dikarenakan fasilitas Water Intake memiliki peranan krusial bagi kilang PT KPI Unit Balikpapan dan juga bagi wilayah perumahan Pertamina.

“Silaturahmi ini menjadi penting. Karena fasilitas ini memiliki peranan yang sangat krusial. Sangat penting bagi operasional kilang Balikpapan. Fasilitas ini menyiapkan kebutuhan air untuk operasional kilang dan untuk kebutuhan perumahan,” jelas Bayu.

Selama ini kerjasama antara masyarakat dengan PT KPI Unit Balikpapan dilakukan dalam berbagai bentuk. Salah-satunya berupa program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yaitu Petratonik dan Kelulut yang dikelola oleh warga.

Pada kesempatan ini, Bayu mewakili seluruh pekerja PT KPI Unit Balikapapan juga menyampaikan terima kasihnya kepada warga. “Kalau terjadi permasalahan di fasilitas ini, akan berdampak tidak terpenuhinya kebutuhan energi di wilayah Indonesia Bagian Timur. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya mewakili teman-teman RU V mengucapkan terima kasih Bapak-Bapak Ibu-Ibu semuanya sudah ikut menjaga fasilitas kita ini,” ucap Bayu.

Selain itu, Bayu juga mengajak pekerja dan warga bekerjasama melindungi dalam hal kelestarian lingkungan Daerah Aliran Sungai (Das), kelancaran operasional kilang, dan kesejahteran masyarakat, “Saya mengajak rekan-rekan Pertamina, mari sama-sama kita peduli dengan masyarakat ring 1. Saya juga mengajak warga mari bersama-sama kita jaga DAS dari penebangan liar, kalau perlu kita tambah tanam lagi pohon-pohonnya. Semoga silaturahmi ini menjadi representasi dari hubungan baik yang kita miliki,” tutup Bayu. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Harga Beras Sejak Awal 2023

MEDIAONLINEIDC.COM; SAMARINDA– Meski dipastikan stok bahan pokok aman selama bulan Ramadhan di Kaltim termasuk di Samarinda, namun harga bahan pokok merambat naik, bahkan sejak sebelum Ramadhan.Seperti yang terjadi pada harga bahan pokok utama yakni beras, yang alami kenaikan bahkan sejak awal tahun.Hal ini seperti yang di ungkapkan oleh H. Tahar, […]

Subscribe