Tingkatkan Kualitas Layanan Bagi Warga Binaan, Lapas Balikpapan Urus Izin Klinik Kesehatan

Redaksi

MEDIAONLINEIDC.COM; BALIKPAPAN– Lapas Kelas II A Balikpapan serahkan dokumen persyaratan administrasi untuk mengurus izin operasional klinik kesehatan kepada pemerintah kota pada Kamis (09/ 03/ 2023) siang. Dokumen tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Lapas Kelas II A Balikpapan- Pujiono Slamet kepada Asisten III Bidang Administrasi Umum- AM. Yusri dan disaksikan langsung oleh Direktur BIMKEMASWAT Kemenkun HAM RI- Elly Yuzar, Kadipas Kemenkun HAM Kaltim- Jumadi, Kabid Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Cabang Balikpapan- Noormini, Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Elisabeth Rassi dan perwakilan sejumlah OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

“Di Kaltim dari 13 Lapas dan Rutan ada tujuh lapas yang sudah berizin kliniknya seperti Samarinda dan sudah seluruhnya mendapat pengakuan sertifikat dapur sehat. Balikpapan hari ini kita serahkan semua persyaratannya agar bisa segera berizin. Ini kita pacu terus sebagai persiapan menghadapi IKN,” ujar Direktur BIMKEMASWAT Kemenkun HAM RI- Elly Yuzar kepada media usai acara.

“Untuk klinik di Rutan Balikpapan telah lebih dahulu mengantongi izin praktir,” ujarnya menambahkan.

Elly berharap permohonan izin klinik Lapas Balikpapan bisa segera dilaporkan ke walikota dan ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan. Setelah memiliki izin diharapkan pasien warga binaan Lapas bisa berobat dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

“Salahsatu tugas kami adalah berikan pelayanan dasar pada warga binaan salahsatunya kesehatan. Kita sekarang berpacu bagaimana pelayanan dasar kesehatan bisa terpenuhi, termasuk bagi warga binaan Lapas dan Rutan,” kata Elly.

“Terimakasih juga kepada wali kota yang penuh perhatian kepada warga binaan Lapas yang bersedia memfasilitasi untuk layanan kelas tiga BPJS Kesehatan,” ujar Elly.

Untuk diketahui, dalam kegiatan penyerahan progres izin klinik Lapas ke Pemerintah Kota, pada kesempatan yang sama juga dilangsungkan Pemberian Jaminan Kesehatan BPJS Kelas III Kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II A Balikpapan di Kota Balikpapan.

Sementara itu Asisten III Bidang Administrasi Umum- AM. Yusri mengatakan sejauh ini warga binaan Lapas yang ber KTP Balikpapan, sebanyak 60 persen diantaranya telah diakomodir untuk layanan Kelas III BPJS Kesehatan.

“Kita harapkan sisanya 40 persen progresnya bisa cepat dan semua bisa turut rasakan manfaatnya khususnya kalangan tidak mampu,” kata Yusri.

Terkait izin klinik, kata Yusri, hal tersebut juga menjadi perhatian penting pemerintah kota. Ia berujar, meski warga binaan sedang dalam masa hukuman, sebagai warga negara indonesia, kesehatan mereka juga perlu diperhatikan.

“Perlu kepada pribadi yang baik bukan hanya moral tetapi juga kesehatan. Saya harap untuk fasilitas kelas III PBJS Kesehatan bagi warga binaan lapas ini terus berlanjut dalam rangka memenuhi hak mendasar yaitu hidup sehat dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak,” ujarnya. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Resmi Dilantik, Ini Ide Program Pengurus IKADI Balikpapan 2023- 2028

MEDIAONLINEIDC.COM; BALIKPAPAN–Ketua PW IKADI Kaltim Makharawie¬†melantik pengurus IKADI Balikpapan Periode 2023- 2028 di Hotel Pacific Balikpapan pada Ahad (12/ 03/ 2023). Pengukuhan ini disaksikan langsung oleh perwakilan dari Kementrian Agama Kota Balikpapan diwakili Penyuluh Agama Islam- Samyani Kosasih, PCNU, Pengurus Muhammadiyah dan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kaltim serta Ulama Yayasan […]

Subscribe