Pembangunan IKN Dikebut, Kapal yang Lalu Lalang di Pelabuhan Semayang Mencapai 1800

Redaksi

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Arus lalu lintas kapal besar di perairan teluk Balikpapan kian padat. Berdasarkan data Pelindo 4 Cabang Balikpapan, kapal yang lalu lalang dalam satu bulan berada dikisaran 1500 sampai dengan 1800 an. Kapal yang dimaksud berupa kapal penumpang, kapal tongkang dan kapal logistik.

General Manager Pelindo Balikpapan– Iwan Sjarifuddin mengatakan meningkatnya jumlah kapal yang masuk ke Pelabuhan Semayang Balikpapan, dipengaruhi oleh kegiatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Saat ini logistik yang masuk untuk proyek IKN didominasi oleh material untuk pembangunan jalan menuju IKN. Selanjutnya kedepan logistik IKN akan memuat bahan bahan bangunan untuk tempat tinggal para pekerja proyek pembangunan IKN.

“Ini ada lagi mau datang sekitar lima juta logistik untuk pembangunan IKN. Ada tiang pancang juga. Untuk kapal logistik ini kita arahkan ke Kaltim Kariangau Terminal,” kata Iwan.

“Kami prediksi tahun 2023 mendatang, kapal yang lalu lalang di Balikpapan bisa mencapai 2500 an. Karena ini proyek IKN ini terus dikebut. Presiden sudah targetkan upacara HUT RI tahun 2024 bisa dilaksanakan di IKN,” kata Iwan lagi.

Untuk memanagement tingginya arus lalu lintas di Pelabuhan Semayang agar tetap kondusif, kata Iwan, pihaknya optimalkan penggunaan aplikasi Marine Operation System (MOS). Aplikasi ini merupakan program digitalisasi dalam memudahkan proses pencatatan dan perencanaan. Melalui MOS, pendataan akan lebih fleksibel dan bisa mengefisiensikan waktu dan menekan biaya pengiriman logistik.

“Kalau dulu barang masuk ke Pelindo catat, masuk ke bea cukai catat lagi, dan begitu seterusnya. Dengan MOS hanya satu kali input data, itu sudah bisa diakses oleh semua. Jadi begitu kapal datang, Pandu kita naik ke kapal bawa Ipad dan melakukan pendataan. Disini kita bisa liat juga waiting time nya itu yang dari pandu akatu dari kapal,” ujar Iwan.

Kata Iwan menjelaskan, pihaknya telah menyusun master plan rencana induk pelabuhan. Diwacanakan pelabuhan semayang akan dilakukan reklamasi demi meningkatkan kinerja Pelindo 4 Cabang Balikpapan. Dengan terealisasinya reklamasi di Pelabuhan Semayang, diharapkan juga mampu menekan biaya pengiriman logistik dan kebutuhan pokok yang didatangkan dari luar daerah. Dengan biaya pengiriman yang terkendali, diharapkan juga mampu mengendalikan gejolak harga kebutuhan pokok dipasaran.

“Tahun 2023 ini kita harapkan recana induk pelabuhan disetujui agar kami bisa bergerak untuk reklamasi. RIP ini kan menyangkut keseluruhan sumber pelabuhan, artinya juga akan menyangkut di KKT atau Kaltim Kariangau Terminal. Karena KKT juga dibawah naungan Pelindo,” ujarnya menambahkan. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Produk Cooling MODENA, Solusi Tepat Untuk Pelaku UMKM di Kaltim

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Merek penyedia home solutions ternama di tanah air, MODENA memperkenalkan Chest Freezer MD 0106 W dan Showcase Cooler SC 1345. Produk ini hadir dengan beragam fitur canggih dan hemat energi, sehingga menjadi solusi yang tepat bagi pelaku usaha, khususnya UMKM yang baru merintis atau mencoba bangkit pasca Pandemi […]

Subscribe