IWB Gelar Diskusi Publik, Bahas Soal Ini

Redaksi

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Ikatan Wartawan Balikpapan (IWB) menggelar diskusi publik, di Hotel Pasifik Balikpapan, Sabtu (10/12/22) pagi. Diskusi publik ini menghadirkan narasumber Wartawan Senior sekaligus mantan Wali Kota Balikpapan– Rizal Effendi, Kasubag CS PDAM Kota Balikpapan- Suryo Hadi Prabowo, Pengusaha dan Praktisi Kehumasan– Martin Soekendar dan Pemerhati Kebijakan publik– Hery Sunaryo selaku moderator saat diskusi berlangsung.

“Giat diskusi publik hari ini mengusung tema “Mendorong Peran Kehumasan Dalam Memberikan Pelayanan Publik, Terkait Informasi Yang Menjadi Harapan Jurnalis & Masyarakat Untuk Mendorong Kaltim Sebagai IKN”. Diharapkan bagian Kehumasan dapat memberikan informasi yang akurat kepada Jurnalis karena kehumasan merupakan ujung tombak dari lembaga pemerintah maupun swasta,” kata Ketua IWB– Beny Sanger saat memberikan kata sambutan.

Dalam pemaparannya, Rizal Effendi mengatakan masyarakat Kaltim membutuhkan banyak informasi terkait dengan peluang-peluang yang ada di IKN. Karena itu, humas pemerintah daerah harus berperan aktif dalam penyampaian informasi.

Ia juga mengatakan, jaman digitalisasi saat ini peran humas sangat penting untuk memberikan informasi lebih cepat dan tepat kepada para jurnalis. Apalagi terkait dengan informasi seputar IKN.

“Di zaman digitalisasi saat ini, segala penyampaian informasi harus cepat dan tepat. Media online saat ini bersaing dengan media mainstream dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Maka peran humas di lembaga pemerintah juga harus cepat dalam menyampaikan data kepada para jurnalis,” kata Rizal.

“Untuk wartawan juga itu jangan asal tulis dalam memberitakan sesuatu karena bisa fatal akibatnya,” ujarnya lagi. 

Sementara itu, Suryo Hadi Prabowo dalam pemaparannya mengatakan PDAM kini berubah nama menjadi Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB). Kata Suryo menjelaskan PTMB berupaya mengakomodir keluhan pelanggan hingga tuntas. Bidang kehumasan, kata Suryo, adalah divisi yang mengakomodir keluhan keluhan tersebut.

Kata Suryo menjelaskan, PTMB kerab melibatkan media pers dalam mensosialisasikan layanan dan kebijakan dari PTMB. Tujuannya agar informasi yang tersampaikan ke masyarakat adalah benar apa adanya, cepat dan tepat.

“PTMB akan maksimal berikan pelayanan dan sosialisasi ke masyarakat. Kita kawal keluhan tersebut sampai dinyatakan selesai,” kata Suryo menekankan.

“Pada kesempatan ini sya juga menyampaikan rencana PTMB kedepan yakni “Gerakan Peduli Tampung Air”. Mengingat ketersediaan kapasitas air baku kita ini akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk kota. Sehingga gerakan hemat air ini mau coba kita sosialisasikan,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu Martin Soekendar dalam paparannya mengatakan insan media mainstream dituntut untuk tingkatkan value diri agar bisa meraih informasi yang dibutuhkan. Value diri merupakan hal- hal penting yang mampu memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu.

“Ketika kita kesulitan menemui seseorang contoh wartawan ingin meliput atau mewawancarai seseorang tapi susah, yang kita lakukan adalah naikan value. Cari sumber sumber lain yang bisa dimintai keterangan,” kata Martin antusias.

“Saya sendiri berusaha menaikan value saya. Dulu saya hanya pembawa acara, moderator dan sekarang saya hadir sebagai pembicara. Begitu juga di lingkungan kerja, misalnya jangan takut untuk meminta jabatan posisi dan sampaikan kemampuan kita. Seperti itu,” kata Martin menambahkan. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pertamina Sukses Gelar Lomba Kreativitas Pelajar

IDCFM.CO.ID; Balikpapan – Keseruan para pelajar tampak pada kegiatan lomba menggambar dan mewarnai yang diselenggarakan oleh Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan. Puluhan pelajar Sekolah Dasar (SD) yang menjadi peserta telah hadir sejak pagi hari di Gedung Banua Patra (Minggu, 11/12). Mereka datang membawa meja gambar kecil […]

Subscribe