Kata Sambutan Panglima TNI di HUT ke-77 TNI Membuat Pangdam VI/ Mlw Senang

Redaksi

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Upacara HUT ke-77 TNI oleh Jajaran Kodam VI/ Mulawarman dilaksanakan di lapangan upacara Makodam VI/ Mulawarman pada rabu (05/ 09/ 2022) pagi. Meski diwarnai hujan, rangkaian kegiatan dalam upacara tersebut berjalan lancar dan menarik perhatian warga Balikpapan yang berada di sekitar Makodam VI/ Mulawarman. Pasalnya usai upacara, terdapat beberapa acara tambahan diantaranya Demonstrasi Kolone Senapan, Bela Diri Militer dan Display Drum Band dari Yonif 514/ Rjp Kodam VI/ Mulawarman. Tidak kalah menarik perhatian adalah parade (defile) kendaraan tempur disebagian ruas jalan jenderal Sudirman. Para pelajar yang menyaksikan diberi kesempatan ikut menumpang diatas sejumlah kendaraan selama parade berlangsung.

Di hari HUT ke-77 TNI kali ini, Pangdam VI/ Mulawarman Mayor Jenderal (Mayjen) Tri Budi Utomo merasa senang. Hal itu ia utarakan kepada awak media menanggapi isi kata sambutan dari Panglima TNI-Jenderal Andika Perkasa dalam rangka HUT ke-77 TNI. Dalam kata sambutan Andika yang ia bacakan saat upacara, tertulis bahwa hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) pada 24 Juni 2022. TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2 persen. Sedangkan hasil survei tingkat kepercaayaan masyarakat terhadap Lembaga Hukum Versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 31 Agustus 2022 TNI dapat tingkat kepercayaan paling tinggi yaitu 93 persen. Demikian juga hasil Lembaga Survey Center for Strategic and International Study atau (CSIS) pada 17 sep 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi mencapai 93,5 persen.

“Tanggapan saya pertama pastinya senang. Karena ini menunjukan masyarakat cinta dengan TNI. TNI ini hadir tidak begitu saja tetapi melalui proses panjang. TNI berasal dari rakyat sehingga TNI bekerja untuk kepentingan bersama dan kesejahteraan rakyat,” ujar Tri.

Dalam tubuh Kodam VI/ Mulawarman, kata Tri, telah melaksanakan serangkaian kegiatan bakti sosial. Beberapa diantaranya adalah program ketahanan pangan yang hingga saat ini telah dilaksanakan dengan total areal 1000 hektar lebih. Program ketahanan pangan ini juga mengajak kelompok tani dengan produk panganan yang dikerjasamakan diantaranya menanam jagung, palawija dan sebagainya.

“Program itu sudah dilaksanakan pada setiap Kodam bukan hanya dalam HUT TNI saja,” ujarnya menekankan.

Aksi sosial lainnya, kata Tri, menanggul air bersih yang saat ini mencapai 131 titik air bersih. Dari sisi kesehatan, Kodam VI/ Mulawarman turut membantu pemerintah dalam hal ini BKKBN, atasi stunting (kondisi gagal tumbuh pada Balita).

“Saya diangkat menjadi ayah asuh stunting dan istri saya diangkat menjadi bunda asuh stunting,” ujarnya seraya tersenyum.

“TNI selalu berupaya menjaga kepercayaan masyarakat dengan bertindak dan berucap sesuai tugas pokok TNI. Himbauan bukan hanya kepada pada prajurit namun juga pada PNS TNI. Maka kita ingatkan terus agar TNI selalu dicintai rakyat,” kata Tri menambahkan.

Tampak hadir dalam rangkaian upacara HUT ke-77 TNI di Makodam VI Mulawarman diantaranya Gubernur Kaltim- Isran Noor, Danlanal Balikpapan- Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafis; Danlanud Dhomber Balikpapan- Kolonel Pnb Sidik Setiyono, SE M, Wakil Ketua I DPRD Balikpapan- Budiono dan sejumlah undangan lainnya. Rangkaian kegiatan diawali dengan upacara HUT ke-77 TNI yang dimulai tepat pada jam 08: 00 WITA. Selanjutnya diisi dengan acara hiburan berupa demonstrasi dan defile yang berakhir sekitar jam 10:00 WITA. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pertamina Perkaya Keanekaragaman Hayati, Tanam 1000 Mangrove di Margomulyo

IDCFM. CO. ID; Balikpapan–Pertamina Patra Niaga Pusat melalui Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melakukan penanaman mangrove sebanyak 1000 bibit mangrove di kawasan Konservasi Hutan Mangrove Margomulyo, Balikpapan Barat, Kamis (6/10) yang lalu. Sejak tahun, 2016 Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan telah menanam total 6000 mangrove untuk meningkatkan fungsi kawasan Margomulyo […]

Subscribe