Pasar Merdeka, Pasar Pertama di Kaltim Bersertifikat SNI Saat di Kunjungi Mendag Zulkifli Hasan

Redaksi

IDCFM.CO.ID; SAMARINDA– Untuk melihat kondisi pasar terlebih pengaruh kenaikan harga BBM terhadap kenaikan harga bahan pokok dan ketersediaan minyak goreng murah di pasar, maka Pada Rabu 31 Agustus 2022 yang lalu, Menteri perdagangan Zulkifli Hasan seperti diketahui telah melakukan kunjungan ke Pasar Merdeka, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, didampingi oleh Gubernur Isran noor dan Walikota Samarinda Andi Harun.

Pemilihan Kunjungan ke Pasar Merdeka, mengingat Pasar ini menjadi pasar pertama di Provinsi Kalimantan Timur dan pasar kedua di Pulau Kalimantan yang memperoleh penghargaan sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia) Pasar Rakyat.

Di mana untuk mendapatkan SNI Pasar Rakyat, pasar harus memenuhi persyaratan yang terdiri atas persyaratan umum, teknis, dan pengelolaan pasar rakyat.

Terlebih Pasar merdeka ini menurut mendag Zulkifli Hasan terbilang bagus, lengkap, dan bersih, dengan pembayaran barang yang dibeli bisa secara digital QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard yang merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran metode non tunai.

Kelebihan lainya Pasar Merdeka juga dilengkapi dengah Ruang Kesehatan dan juga ruang Laktasi untuk ibu yang berbelanja hendak menyusui anaknya.

Berdasarkan pantauan, harga beberapa barang kebutuhan pokok di Pasar Merdeka dibanding bulan sebelumnya tercatat stabil. Misalnya, komoditas beras, minyak goreng, dan daging sapi. Bahkan beberapa komoditas mengalami penurunan. Komoditas cabai turun 9—28 persen, bawang merah 3—4 persen, dan bawang putih turun 9 persen.

Sedangkan, komoditas yang mengalami kenaikan yakni tepung terigu dan telur ayam menurut mendag zulkifli Hasan terjadi karena beberapa faktor.

Menurutnya harga telur yang diambil dari Surabaya masih agak tinggi dan diharapkan akan segera turun. Sementara komoditas lain stabil dan cenderung turun.

Dalam kesempatan kunjungan ke kios-kios Pasar Merdeka, mendag zulkifli selain memantau harga, juga berbelanja dan memberikan belanjaannya kepada pembeli yang sedang berbelanja, seperi saat membeli telur.

Begitu juga di kios cabe mendag zulkifli hasan juga membeli cabe dan memberikannya kepada pengunjung pasar, termasuk memberikan uang kepada seorang penjual yang jualannya belum laku dan meminta barang yang dibeli dibungkus dan dibagikan. (Amy)

Berita selengkapnya simak video berikut =>

https://www.instagram.com/reel/CiMoRO2Ma6Z/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dukung Perayaan Haornas, Telkomsel Optimalkan Jaringan Seluler di Stadion Batakan

IDCFM. CO. ID; Balikpapan- Sebagai leading digital telco di Indonesia, Telkomsel konsisten mendukung ketersediaan akses layanan telekomunikasi seluler pada Perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 tahun 2022 yang mengusung tema “Bersama Cetak Juara” di Stadion Batakan Balikpapan Kalimantan Timur (09/ 09/ 022). Acara yang akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI […]

Subscribe