Didukung PHM, Pantai Duta Pemedas Bakal Budidaya Terumbu Karang

Redaksi

IDCFM.CO.ID; Kutai Kartanegara– Guna memelihara ekosistem terumbu karang yang rusak, PT Pertamina Hulu Mahakam bersama pengelola Panti Duta Pemedas, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, akan melakukan budidaya terumbu karang.

Pantai yang berada di RT. 03 Kelurahan Teluk Pemedas, Kecamatan Samboja ini akan menjadi pantai berkonsep ekowisata, karena selain gencarkan penghijauan, akan terdapat budaya terumbu karang di dalamnya. 

“Kita mau dongkrak ekowisata kita. Kemarin ada komunikasi dengan PHM dan PHM setuju kita coba konsep ekowisata dengan melakukan penghijauan dan budidaya terumbu karang,” kata H Mulyadi- pemilik Pantai Duta Pemedas.

“Kalau sekarang ini wisata pantai mau kita buat sesuatu berbeda. Kalau yang lain jual pantai kita jual budidaya terumbu karang. Apalagi terumbu karang pada musnah harus kita jaga kelestariannya,” kata Mulyadi bersemangat.

Pantai Duta Pemedas resmi dibuka pada Maret 2019. Pantai seluas 850 meter persegi tersebut memiliki fasilitas lengkap seperti mushola, toilet umum, dan gazebo serta warung warung yang menjajakan kuliner dan aksesoris. Menariknya pengelola juga menambah anjungan di bibir pantai yang dilengkapi beberapa gazebo, spot foto dan spot memancing di atasnya.

Adapun wahana permainan yang bisa dinikmati di Pantai Duta Pemedas adalah ATV, Banana Boat dan donat boat. Pihaknya juga menyediakan tenda dengan kapasitas dua orang dan empat orang

“Jadi pelaku usaha di sini sediakan penyewaan tenda kalau ada mau kemping tetapi tidak bawa tenda. Tarif sewa mulai dari 40 ribu rupiah,” ujarnya

Di Tengah situasi yang masih pandemi Covid-19, menurut Mulyadi, tidak terlalu pengaruh signifikan terhadap animo pengunjung. Terlebih ketika PT PHM Lapangan BSP membantu pengelolaan pantai melalui program CSRnya, cukup membantu dalam mempromosikan keberadaan Pantai Duta Pemedas.

“Dengan adanya PHM sangat membantu karena promosi PHM juga bagus. Buatkan papan nama di gapura masuk. Apalagi setelah nanti ekowisata ini berjalan. Kami targetkan awal tahun 2023 budaya terumbu karang sudah berjalan,” ujarnya seraya tersenyum.

Nustatul Jannah- Communication, Relation & CSR PT PHM Lapangan BSP mengatakan pihaknya mendukung penuh inisiatif H. Mulyadi yang ingin mengusung pantai berkonsep ekowisata dengan membudidaya terumbu karang. 

PHM sendiri selain membantu mempromosikan keberadaan Pantai Duta Pemedas, pihaknya juga membagikan alat keselamatan seperti ban pelampung.  Di pantai ini juga, kata Anna- demikian sapaan akrab Nustatul Jannah- pihaknya memfasilitasi UMKM yang merupakan warga diluar Pemedas untuk berjualan di pantai tersebut. 

“Jadi khusus akhir pekan, disini ada satu food truck, yang merupakan UMKM binaan. Kita punya program winners women, yang mana kita bentuk UMKM di handil. Khusus sabtu dan  minggu jualan UMKM dari Handil itu jualan disini dengan membawa Food Truck,” kata Anna.(Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Intervensi Kesehatan Ibu dan Bayi Melalui Paket Catin

IDCFM.CO.ID; Balikpapan– Temuan sejumlah kasus kematian bayi dan berat badan bayi lahir di bawah standar menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan– Andi Sri Juliarti mengatakan, kasus tersebut telah menjadi isu nasional sehingga dari DKK Balikpapan berupaya mengintervensi kesehatan keluarga, khususnya ibu dan anak sebelum […]

Subscribe