Tinjau Garuda Shield di Balikpapan, Begini Pesan Panglima TNI

Redaksi

IDCFM. CO. ID; BALIKPAPAN– Panglima TNI- Jenderal Andika Perkasa serta istri- Hetty Andika Perkasa menyambangi lokasi latihan Garuda Shield 2022 di Markas Batalyon Raider 600/ Modang pada Jumat (05/ 08/ 2022) sore.Sebagaimana diketahui, prajurit Kodam VI/ Mlw yang mengikuti latihan bersama atau Latma Garuda Shield ke- 16 bermarkas di Yonif 623/BWU berjumlah 306 personel.

Sementara dari US Army bermarkas di Batalyon 235 Hawai berjumlah 173 personel. Kegiatan berlangsung sejak Satu Agustus sampai dengan 14 Agustus 2022.Dalam kunjungan jenderal bintang empat tersebut, US Army memamerkan perlengkapan tempur canggihnya berupa drone black hornet. Alat canggih ini memiliki sensor, senjata khusus dan terhubung dengan sistem komputer. Alat ini pun digunakan saat Latma Garuda Shield.

“Drone ini merupakan kelengkapan pleton. Kita juga punya tapi kita baru akan datang dan proses pengadaan mulai tahun lalu,” kata Andika.

TNI AD sendiri juga menunjukan perlengkapan tempur canggihnya setting mile yang juga dipergunakan saat Latma Garuda Shield 2022. Kata Andika menjelaskan, selama Latma, prajurit menggunakan peluru hampa. Meski demikian, teknologi miles tetap memberikan signal atau tanda pada perangkat terhubung jika prajurit yang tertembak.

“Alat ini realistis meski peluru hampa tetapi karena ini sudah terhubung dengan komputer sehingga kalau nembak dan orangnya kena, dia akan berikan tanda bunyi dan kena. Di tangan kah atau dada, perut, spesifik. Disini walau pakai peluru hampa, kelihatan. Itu tekniknya,” ujarnya menjelaskan.

Andika mengapresiasi keakraban seluruh peserta Latma. Hal itu ia utarakan setelah menyaksikan seluruh peserta melakukan yel yel dengan kompak. Ditambah lagi peserta Latma TNI AD paling junior Prada Ahmad Nur yang tidak bisa berbahasa Inggris namun berusaha menjalin komunikasi dengan prajurit US Army dengan membuka google terjemahan.

“Sepintas kita lihat mereka setelah latihan bersama selama empat hari ini mulai menyatu. Kita masih punya sembilan hari lagi untuk meraih tujuan utama. Kita membuat interaksi dan networking kedua belah kompi agar semakin dekat,” kata Andika berpesan.

“Dalam interaksi ini sebetulnya bisa memberikan wawasan baru buat kita, ilmu saling belajar. Karena sebetulnya yang dipelajari begitu banyak termasuk misalnya serangan salah satu alutsista, serangan kompi, serangan ini beda tempat beda tantangan. Sehingga saat latihan ada pelajaran baru yang kita dapat. Bahkan anggota kita ada dari Banjarmasin mereka latihan di Amborawang pasti ada hal baru,” ujarnya menambahkan.

William- dari US Army mengaku bangga terpilih menjadi peserta Latma Garuda Shield 2022. Wanita berusia 20 tahun tersebut berujar ini adalah pertama kalinya menginjakan kaki di Indonesia. Ia menilai prajurit TNI AD ramah dan menyenangkan.

“Orang Indonesia sangat baik, ramah dan menyenangkan. Mereka menerima siapa saja dan bisa bekerjasama dengan baik. Hanya saja makanan disini sedikit pedas tetapi tetap lezat,” katanya seraya tersenyum.

Wanita berdarah campuran Polinesia dan Latin tersebut mengaku telah bercita cita menjadi US Army sejak berusia delapan tahun. Keinginannya itu didukung oleh orangtuanya. Kini William ditugaskan sebagai pasukan tempur di Batalyon 235/ Hawaii.

“Menurut saya latihan fisik dan latihan teknik bertempur yang saya alami di sini sama seperti di Batalyon saya. Dan yang saya apresiasi disini, mereka sangat mendukung prajurit perempuan,” ujar William.

Sebelumnya, Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan mengatakan Latma Super Garuda Shield Tahun 2022 berlangsung dari tanggal satu sampai dengan 14 Agustus 2022. Ada empat titik latihan yaitu Amborawang Balikpapan, Puslatpur Kodiklad Baturaja (Sumsel), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) dan di Dabo Singkep Kepulauan Riau. Latma ini melibatkan 13 negara.Garuda Shield 2022 ini diisi dengan materi latihan berupa Ops Serangan (Field Trainning Exercise FTX) dan Latihan Menembak Senjata Bantuan (Life Fire Exercise). (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pertamina Resmikan Daily Chek Up Center

IDCFM.CO.ID; Balikpapan – Upaya-upaya untuk meningkatkan dan memastikan aspek Health Safety Security & Environment (HSSE) melekat dalam semua proses operasional terus dilakukan oleh Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan. Kali ini yang disasar adalah aspek health melalui peresmian fasilitas Daily Check Up (DCU) Center. (Jumat, 05/08). Fasilitas […]

Subscribe