Bangun Kekuatan di IKN Nusantara, Panglima TNI Ajukan 50.000 Personel

Redaksi

IDCFM.CO.ID; Penajam Paser Utara–  Jenderal Andika Perkasa- Panglima TNI tugaskan Kodam VI Mulawarman untuk mengawal proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Penugasan itu seiring dengan belum dibentuknya kodam baru dan perangkatnya di kawasan yang menjadi cikal bakal pembangunan IKN Nusantara.

“Saat ini di handle oleh Kodam VI Mulawarman. Nanti ada penugasan di fokus konstruksi di dalam kawasan inti pusat pemerintahan ini,” kata Andika saat meninjau kawasan pembangunan istana negara di kilometer nol IKN Nusantara pada Rabu (16/ 02/ 2022) siang. Tidak sendiri, Andika meninjau lokasi IKN bersama Tito Karnavian- Menteri dalam Negeri  dan Puan Maharani- Ketua DPR RI.

Andika berujar kekuatan yang dibutuhkan untuk menjaga IKN Nusantara diperkirakan mencapai 30.000 sampai dengan 50.000 personel, mencakup personel TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Namun ia mengatakan, personel yang ditunjuk untuk bertugas di IKN Nusantara bukanlah personel baru, melainkan diambil dari seluruh kesatuan di Indonesia, baik dari darat, laut dan udara.

Penugasan personel di IKN Nusantara akan dilakukan secara bertahap seiring dengan progres pembangunan IKN Nusantara kedepannya. Nantinya, kata Andika, personel ini akan berada dibawah naungan kodam baru yang akan segera dibentuk.

“Jadi di IKN kita akan hadirkan kodam baru dengan perangkatnya. Kami juga akan ajukan penambahan personel kepada Menteri Pertahanan karena beliau yang memiliki kewenangan pembangunan kekuatan antara 30.000 sampai dengan 50.000 personel darat laut udara yang kita ambil dari seluruh satuan yang ada,” ujarnya menjelaskan.

“Nanti penggantinya dari satuan yang kita ambil dari rekrutmen baru,” ujarnya menambahkan.

Andika mengatakan dibutuhkan areal seluas 800 ha untuk hadirkan kodam baru dan perangkatnya. Sementara untuk pangkalan angkatan udara, pangkalan angkatan laut beserta perangkatnya, termasuk kodam jika di total membutuhkan areal seluas 4.500 ha. Pembangunan area pertahanan di tubuh TNi terhadap IKN Nusantara dilakukan secara bertahap. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sistem Pemerintahan IKN Nusantara Bersifat Daerah Khusus

IDCFM.CO.ID; Penajam Paser Utara– Tito Karnavian– Menteri Dalam Negeri mengatakan mendapat amanat dari Presiden RI Joko Widodo untuk membuat peraturan pemerintah mengenai tata cara pemerintahan di IKN Nusantara. Untuk itu lah Tito mengadakan pertemuan bersama gubernur Kaltim, wali kota  Balikpapan, wali kota Samarinda, bupati Kutai Kartanegara dan bupati Penajam Paser […]

Subscribe