Bentuk Kepedulian, Pertamina Kumpulkan 100 Kantong Darah

Redaksi

IDCFM.CO.ID; Balikpapan – Donor darah menjadi kegiatan yang umum dilakukan sebagian masyarakat Indonesia. Masyarakat mendonorkan darahnya kemudian disalurkan kepada orang lain yang membutuhkan. Kegiatan donor darah ini pun juga dilakukan oleh Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Balikpapan di halaman kantor besar Pertamina RU V. (Selasa, 14/12)

Acara yang bertajuk “Setetes Darah Sejuta Harapan, Healthy Blood Energizing Your Future” berhasil mengumpulkan 100 kantong darah.

“Perusahaan tidak lepas dari tanggung jawab sosial bidang kesehatan melalui kegiatan donor darah ini. Kegiatan ini dapat mendukung ketersedian stok kantong darah di Balikpapan,” ungkap Pjs GM KPI Unit Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo.

Wahyu Sulistyo Wibowo dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap hari dibutuhkan 15-20 kantong darah untuk masing-masing golongan darah. Sedangkan tingkat partisipan masyarakat Indonesia untuk melakukan donor darah sekitar 2-4%.

“Saya menghimbau rekan-rekan yang memiliki kesehatan yang baik untuk mengikuti kegiatan donor darah ini,” ajaknya.

Salah satu peserta donor darah Beben Bunyamin menyampaikan bahwa dia merasakan manfaat dari kegiatan donor yang rutin dilakukan. “Saya melakukan donor darah mulai dari tahun 2019. Ini merupakan kali ke-6 saya melakukan donor darah. Yang saya rasakan setelah melakukan donor darah yaitu badan jadi enteng dan ringan. Donor darah membuat saya lebih sehat disamping juga membantu stok darah nasional,” ujarnya.

Baca Juga: https://mediaonlineidc.com/2021/09/23/pertamina-ru-balikpapan-kembali-laksanakan-donor-darah-dan-vct-hiv-aids/

Pengalaman donor darah juga disampaikan oleh Hany Rasta. “Saya sering gagal melakukan donor darah karena tidak sesuai dengan ketentuan, ini menjadi kali pertama saya melakukan donor darah. Tentu saja saya merasa takut diawal tapi setelah melakukan donor darah saya merasa senang,” kata Hany.

Sebagai informasi bahwa tidak semua orang dapat melakukan donor darah. Ada ketentuan yang harus dipenuhi seperti usia antara 17-65 tahun, berat badan minimal 45 kg, sehat jasmani dan rohani, tekanan darah systole 100-170 dan diastole 70-100, kadar hemoglobin 12,5g%-17,0g% dan terhindar dari penyakit keras dan menular.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menjelaskan bahwa kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. “Semoga kegiatan donor darah ini dapat meningkatkan stok darah kota Balikpapan sehingga dapat membantu mereka yang membutuhkan darah. Kita juga berharap kepedulian masyarakat melalui aksi donor darah semakin meningkat dimasa depan,” tutupnya. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

BEI Beri Penghargaan Pada Galeri Investasi Teraktif 2021

Hasan Fawzi- Direktur Pengembangan BEI (Kiri) foto virtual bersama peraih penghargaan Kategori Penambahan Jumlah Rekening Efek
Direktur Pengembangan BEI- Hasan Fawzi (Kiri) foto virtual bersama peraih penghargaan kategori Penambahan Jumlah Tekening Efek

Subscribe