Gelar Musda IV, Ini Lima Fokus Program MES Kota Balikpapan

Redaksi

IDCFM.CO.ID: BALIKPAPAN– Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kota Balikpapan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) IV, seiring dengan berakhirnya masa bakti pengurus MES Kota Balikpapan periode 2019-2021 pada Oktober 2021. Bertempat Hotel Grand Mega Lestari kota Balikpapan, sebanyak 58 undangan menghadiri Musda  tersebut. Pihak yang dilibatkan dalam Musda berasal dari stakeholder atau lembaga publik pengambil keputusan, perbankan syariah, lembaga amil zakat, pesantren, perguruan tinggi, tokoh masyarakat dan sejumlah pihak terkait lainnya, termasuk Radio IDC FM.

Bambang Saputra, SE. MSI., M. Ak– Sekretaris Umum MES demisioner Kota Balikpapan mengatakan Musda IV MES Kota Balikpapan mengusung tema Sinergi Mengokohkan Ekonomi Syariah Untuk Pemulihan Ekonomi kota Balikpapan”. Untuk itu dalam kegiatan yang berlangsung selama sekitar tiga jam tersebut menghasilkan lima fokus utama dalam menjalankan program pengurus MES 2021 – 2023. Lima fokus tersebut adalah menjadikan MES sebagai organisasi nirlaba modern; memaksimalkan teknologi digital dalam sosialisasi MES; memperjuangkan sertifikasi halal kepada UMKM di Balikpapan; sinergikan institusi untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk pemulihan ekonomi Balikpapan dan terakhir jalankan program Berimandah.

Berimandah, kata Bambang, merupakan program yang mengintegrasikan semua lembaga pengumpulan zakat, infak, wakaf dan sedekah dengan database kaum mustahik di Balikpapan. Dengan Berimandah penyaluran zakat, infak, wakaf dan sedekah akan lebih tertata dan tidak lagi tumpang tindih, karena sudah terkoordinir dalam satu sistem aplikasi.

“Berimandah menjadi program utama MES Kota Balikpapan kedepan. Karena bicara pemulihan ekonomi butuh kebersamaan dan support bahu membahu, khususnya pemulihan pasca pandemi saat ini. Kedepan tidak ada lagi program pengentasan kemiskinan. Lebih konkrit adalah program produktivitas masyarakat miskin dan kaum mustahik,” kata Bambang.

“Komitmen penguatan MES di semua institusi penting sekali untuk mewujudkan Balikpapan go Halal. Kami juga punya program rutin podcast di Radio IDC FM, nama programnya Balikpapan go Halal, kita undang stakeholder dan institusi sebagai pembicara dan mengenalkannya ke masyarakat,” ujarnya menambahkan

Sebagai informasi, dalam Musda IV juga dilakukan musyawarah penetapan Ketua Umum MES Kota Balikpapan Periode 2021- 2023. Dalam forum tersebut disepakati Rahmad Mas’ud yang juga Wali Kota Balikpapan, kembali terpilih secara aklamasi.

“Kita target pengurus yang baru akan dilantik pada awal tahun 2022. Kami sangat berharap Ketua MES Pusat pak Erick Thohir yang melantik langsung,” ujar Bambang seraya tersenyum. (Imy)

baca juga: https://mediaonlineidc.com/2020/06/04/mes-balikpapan-dorong-pemda-terbitkan-edaran-belanja-di-warung-tetangga/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

CrediBook: Selain Go-Digital, UMKM juga Perlu Melek Keuangan

IDCFM.CO.ID; JAKARTA– Aplikasi pencatatan keuangan digital CrediBook menekankan UMKM perlu memanfaatkan layanan digital untuk memudahkan kebutuhan operasional usaha, termasuk pengelolaan keuangan. CEO dan Co-Founder CrediBook Gabriel Frans mengatakan pihaknya membangun aplikasi pencatatan keuangan untuk mengajak UMKM bukan hanya melek digital, tetapi juga keuangan. “Saya dan teman-teman pendiri membangun CrediBook untuk […]

Subscribe