Amankan Rp. 63 M Uang Nasabah, Polda Kaltim Tangkap Pelaku Investasi Bodong yang Menipu 900 korban

Redaksi

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Kepolisian Polda Kaltim berhasil mengamankan seorang perempuan inisial DM (24 tahun), tersangka pelaku investasi bodong bernama “Investasi Beezy” pada awal November 2021. Investasi Beezy selama ini dipublikasikan di media sosial Instagram “ArisanBeeszy” dan “Beezydewi” pada awal November 2021.

Tersangka DM ditangkap di Berau dan diketahui memiliki dua alamat tempat tinggal yaitu Jl. Kamar Bola RT. 005 Kel. Teluk Bayur Kabupaten Berau dan Jl. AW. Syahrani Gg. 17 Kelurahan Samarinda Utara Kota Samarinda. 

“Tersangka DM membuat Investasi Beezy sejak September 2020. Kemudian pada empat Juni 2021 kami menerima laporan. Ternyata setelah ditelusuri korbannya bukan hanya dari Kaltim ada juga di Riau, Banten dan Jawa Tengah, ” ujar Kabid Humas Polda Kaltim- Kombes Pol Yusuf Sutejo saat jumpa pers pada Senin (08/11/2021). 

Sejumlah barang bukti diamankan kepolisian diantaranya berupa satu mobil HRV Hitam KT 1467 GI, enam perhiasan emas, empat buku rekening beserta ATM nya, Tujuh handphone dan uang tunai sebesar Rp. 150.802.900.

“Total kerugian korban yang masuk dalam rekening tersangka DM adalah Rp. 63.200.767.383. Pengelolaan dana investasi hanya diputar-putar untuk membayar bunga pengikut investasi itu sendiri dan sebagian dibilang untuk kepentingan tersangka sendiri, ” kata Kombes Pol Yusuf menjelaskan. 

“Kepada korban, tersangka berujar dana mereka dimasukan ke tiga perusahaan besar. Korban dijanjikan keuntungan diatas rata-rata harian. Bunganya 25 sampai dengan 70 persen dalam waktu 15 sampai dengan 25 hari,” ujarnya menambahkan. 

Kombes Pol Yusuf mengatakan anggota grup whatsapp “Investor Beezy” yang dibuat oleh DM hingga empat grup tersebut totalnya 900 korban yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebanyak lima laporan yang masuk kemudian dikembangkan dan telah dilakukan pemeriksaan saksi yang diwakili oleh 33 orang. 

“Informasi dari saksi mereka ada yang membeli satu slot Rp. 1.000.000 dan dalam jangka waktu 10 hari akan cair sebesar Rp. 1.450.000. Ada juga satu slot dijual Rp. Rp. 2.000.000 dalam jangka 18 hari cair Rp. 3.000.000,” katanya. 

Sementara itu Penyidikan Subdit II/ Fismondev Ditreskrimsus Polda Kaltim- AKBP Heri Rusyaman, SIK, MH mengatakan terus menyelidiki mata rantai pelaku investasi bodong. Karena bisa saja, tersangka DM bukan pelaku tunggal alias memiliki rekan dan terorganisir. 

“Tersangka DM mengaku hanya bekerja sendiri. Tetapi kami terus selidiki apakah ini terorganisir. Kami juga meminta korban yang belum melapor, untuk jangan takut melapor ken kami demi memudahkan penyelidikan, ” ujar AKBP Heri. 

AKBP Heri berujar tersangka DM dikenakan pasal pencucian uang dengan tindakan pidana pokok penipuan berupa investasi online illegal yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik. Sebagaimana dimaksud dalam pasal Tiga UURI No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU, JO Pasal 45A UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 Tahun 2008 Tentang ITE JO Pasal 378 KUHPidana. 

“Ancaman hukuman tersangka DM antara empat hingga 15 tahun penjara,” ujarnya menegaskan. (Imy) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Langit Biru Pertamina Dukung Balikpapan dan Bontang Jadi Kota Terbersih se-ASEAN

IDCFM.CO.ID; Balikpapan – Dalam ajang The 5th ASEAN ESC AWARD, Kota Balikpapan dan Bontang berhasil menyabet penghargaan sebagai Asean Environmentally Sustainable Cities (ESC) Tahun 2021. Bertempat di Jakarta, Kamis 21 Oktober 2021, penghargaan yang dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dari seluruh negara Asean, diterima langsung oleh Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud […]

Subscribe