Serunya Penutupan Latma Garuda Shield 15/2021 di Balikpapan

Redaksi

IDCFM. CO. ID; BALIKPAPAN– Sport Dây and Culture Đây Prajurit TNI AD – US Army yang tergabung dalam Garuda Shield 15/ 2021 menjadi kegiatan penutupan latihan bersama (Latma) Garuda Shield 15/ 2021 di Markas Yonif Raider 600/ Modang, Balikpapan pada Jumat (13/ 08/ 2021) pagi. Meski cuaca sedang dirundung hujan, namun kegiatan berlangsung dengan semarah, penuh keakraban dan sukacita. 

Sejumlah olahraga ketangkasan dan kekompakan dipertandingkan dalam acara tersebut seperti adu panco, tarik tambang, bakiak, pecah balon dan berjalan diatas matras. Untuk lomba yang harus dijalankan per tim, seluruh tim Masing-masing terdiri dari Prajurit TNI AD dan US Army dengan jumlah per tim sekitar 10 – 15 orang. Ketika tim tersebut menang mereka sontak adu tos satu sama lain sembari tertawa riang. 

Kepala Staff TNI AD Jendral TNI Andika Perkasa turun langsung menyaksikan aneka lomba sederhana yang diikuti seluruh Garuda Shield 15/2021.

Ia mengaku melihat ada hubungan emosional, khususnya ketika menyaksikan kekompakan Prajurit TNI AD dan US Army yang tergabung dalam satu tim ketika olahraga tarik tambang berusaha menjatuhkan lawan. 

“Saya liat saat tarik tambang ada Kemistri, ada hubungan emosional. Saya melihat prajurit Batalyon 600 raider dan divisi infanteri 25 dan Prajurit brigade begitu dekat,” ujarnya. 

Jenderal Andika mengatakan latihan bersama yang juga dinamai Gladi Lapangan berlangsung selama kurang lebih dua minggu. Dari kegiatan tersebut menjadi ajak untuk menjalin persaudaraan networking, kerjasama dan kesiapa siagaan prajurit. 

“Saya senang melihat apa yang telah dicapai. Saya yakin gladi Lapangan ini akan membawa angkatan Darat lebih maju lagi,” ujarnya. 

Sport Day and Culture Day tersebut juga dihadiri Gubernur Kalimantan Timur- Isran Noor. Dalam sambutannya ia mengaku bangga Kaltim dipilih menjadi satu dari tiga tempat latihan Garuda Shield 15/ 2021. Kegiatan ini pun menjadi penghargaan yang didapat warga Kaltim. 

“Saya bangga Kaltim menjadi tempat latihan bersama. Untuk diketahui lokasi latihan tidak jauh dari rencana pusat Ibu Kota Negara sekitar 57 kilo meter dari Amburawang. Sekarang ini kondisi kelanjutan dimana persiapan mengalami cound down karena pandemi Covid-19,” kata Isran. 

Pada agenda Culture Day, US Army menunjukan kepiawaiannya memainkan alat musik modern dan membawakan dua buah lagu. Sementara dari Indonesia menyuguhkan tarian khas Bali dan beberapa tarian dayak. Khusus tarian dayak dilaksanakan di lapangan terbuka. Meski cuaca masih dirundung hujan gerimis, seluruh prajurit antusias ikuti gerakan tarian dayak dan mengenakan ornamen khas dayak. 

Ajang Sport Day and Culture Day ditutup dengan tarian Gemu Famire yang diikuti seluruh prajurit yang tergabung dalam Garuda Shield 15/ 2021, tamu, undangan termasuk KASAD Jendral TNI Andika Perkasa beserta istri. (Imy) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Latma Garuda Shield 15/2021 Resmi Ditutup, Begini Tanggapan Pangdam VI/ Mlw dan Commander for Task Force Tiger

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Gladi Lapangan alias latihan bersama TNI AD- US Army di Kalimantan Timur resmi ditutup dalam giat upacara penutupan bertempat Markas Yonif Raider 600/ Modang, Balikpapan pada Sabtu (14/ 08/ 2021) pagi. Giat upacara penutupan disertai dengan pelepasan tanda peserta dan pemberian penghargaan kepada peserta secara simbolis. Selain itu […]
Pangdam VI/ Mlw Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto berikan cinderamata kepada Commander for Task Force Tiger- Commander for Task Force Tiger- Captain David Moats

Subscribe