Prospeknya Menjanjikan, BLKI Balikpapan Buka Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

Redaksi 1

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– UPTD Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Balikpapan kini membuka kelas pelatihan budidaya jamur tiram. Kelas budidaya jamur tiram pada tahun 2021 telah berjalan dan rampung pada Juni lalu dengan total peserta berjumlah 16 orang. 

“Untuk tahun 2021 ini kelas pelatihan budidaya jamur telah berjalan satu angkatan dan baru selesai bulan Juni lalu, dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang. Peserta cukup antusias belajar budidaya jamur tiram,” kata Dody Setia Pratikno- Instruktur Kejuruan Pertanian UPTD BLKI Kota Balikpapan

“Nanti akan ada satu paket lagi dari APBD provinsi. Kalau yang sebelumnya kan dari anggaran pelatihan dari pemerintah pusat. Tetapi yang kita buka hanya satu kelas kuota 16 orang saja,” ujar Dody menambahkan.

Dody mengatakan bisnis jamur tiram cukup menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dari permintaan pasar akan jamur yang jauh lebih tinggi dari kemampuan pasar menyediakan jamur dengan nama latin Pleurotus ostreatus tersebut. Ditambah lagi Balikpapan digadang-gadang sebagai lumbung Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, sehingga sektor pertanian perlu dimaksimalkan, termasuk budidaya jamur tiram.

“Saya melihat prospeknya menjanjikan. Terlebih nantinya Balikpapan sebagai daerah penyangga IKN yang baru, sehingga pertambahan penduduk dari luar sudah tentu tidak terhindarkan. Hal ini diikuti kebutuhan pangan yang semakin meningkat. Tentunya ini peluang buat pelaku budidaya yang bergerak di sektor pertanian termasuk budidaya jamur ini,” ujar Dody.

Kata Dody, dewasa ini kesadaran masyarakat mengkonsumsi makanan sehat seperti  sayuran organik meningkat. Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang dapat dibudidayakan secara organik yang memiliki cita rasa yang enak dan khas serta kaya kandungan mineral, vitamin C, protein dan zat besi. Jamur tiram bisa diolah menjadi berbagai jenis panganan, diantaranya sate jamur, jamur crispy, siomay jamur, nugget jamur dan sambal bawang jamur dengan budidaya yang relatif mudah dilakukan.  

“Contohnya jamur tiram crispy ini rasanya tidak jauh berbeda dengan ayam goreng crispy, sama enaknya dengan jamur tiram. Jamur tiram ini macem-macem juga jenisnya ada coklat, merah, kuning tetapi yang familiar di kita jamur tiram putih ini. jamur tiram  juga bisa diolah macam-macam sesuai selera,” kata Dody.

Memasuki pertengahan tahun 2021, kata Dody, masih merupakan waktu yang tepat bisnis budidaya jamur tiram. Kata Dody menjelaskan, jamur akan tumbuh lebih subur saat musim penghujan. Berbeda ketika musim kemarau perawatan budidaya jamur harus lebih intensif.

“Memasuki pertengahan tahun ini masih merupakan waktu yang baik untuk menanam jamur. Karena hujan masih sering turun yang berpengaruh terhadp kelembaban, sehingga jamur lebih cepat tumbuh. Jamur tiram ini tumbuh subur pada suhu udara yang dingin tetapi bisa juga 22-28 derajat. Kalau perawatannya bagus satu baglog bisa enam sampai tujuh kali panen,” kata Dody menjelaskan. 

“Rentan waktu dari pembuatan baglog (media tanam jamur yang digunakan sebagai bahan produksi jamur), masa penyemaian, inkubasi sampai panen kurang lebih satu bulan. Harga jualnya kalau mentah mencapai 35 ribu rupiah satu kilo. Harapan kami dengan pelatihan terbuka ini bisa membuka  peluang masyarakat Balikpapan untuk buka usaha jamur tiram. BLKI bukan hanya melatih caranya pembibitan, perawatan dan panen saja tetapi juga seperti apa strategi pemasarannya,” ujarnya ramah. (Imy)

One thought on “Prospeknya Menjanjikan, BLKI Balikpapan Buka Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Hadir di Tiga Kota di Kaltim, Ini Keunggulan Smartfren GOKIL MAX

IDCFM.CO.ID; Balikpapan— Kini pelanggan Smartfren di Kota Balikpapan, Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara bisa menikmati paket internet GOKIL MAX. Paket internet Smartfren GOKIL MAX memiliki keunggulan berupa Kuota Lokal mulai 6 GB sampai dengan 24 GB ditambah Kuota Nasional mulai 3 GB  12 GB dan Extra Kuota mulai dari 30 GB sampai dengan 70 GB […]

Subscribe