Masjid Istiqamah Sembelih 35 Hewan Kurban, Distribusi Daging Mengikuti Protokol Pencegahan Covid-19

Redaksi

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Pelaksanaan hari raya Idul Adha 1442 Hijriah di Masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana tahun ini masjid dibawah binaan BDI Pertamina tersebut hanya menerima jamaah salat Id dari takmir dan panitia kurban masjid saja. Sementara pada Idul Adha 1441 H/ 2020 Masjid IStiqamah masih menampung jamaah umum dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Kebijakan tersebut menyesuaikan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Teknis penyembelihan hewan kurban juga dilakukan mengikuti protokol pencegahan Covid-19. Terdapat 90 panitia kurban menjalani rapid test pada H-1 dan kegiatan rapid difasilitasi oleh Pertamina RU V Balikpapan. 

“Alhamdulillah seluruh panitia menjalankan rapid tes. Meskipun hasilnya non reaktif tetap kita menjalankan protokol pencegahan dengan menggunakan masker pelaksanaannya. Dan untuk diketahui tahun ini panitia hanya laki-laki saja,” kata Aloy Sahid- Ketua Panitia Hari Raya Idul Adha Masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan pada Selasa (20/ 07/ 2021).

Aloy mengatakan, tahun ini Masjid Istiqamah menyembelih 35 hewan kurban dengan rincian 30 sapi dan lima kambing. Penyembelihan dilaksanakan selama dua hari dengan pembagian 20 sapi dan lima kambing hari pertama dan 20 sapi pada hari kedua.

“Kalau yang hari kedua itu adalah permintaan dari Pertamina MOR Kalimantan. Jadi Istiqamah hanya penyembelihan, pemotongan dan pencacahan. Selanjutnya distribusi nanti dijemput langsung oleh tim dari MOR,” ujar Aloy.

Untuk 20 sapi dan lima kambing yang disembelih pada hari pertama, kata Aloy, Masjid Istiqamah yang mendistribusikan langsung kepada penerima. Mekanisme pendistribusian paket daging kurban dalam lima kategori, yaitu jatah pengurban; mustahik yang ada di ring satu masjid seperti Jl. Serobong dan Jl. Prapatan; pemegang kupon; panitia dan ring dua masjid seperti Lamaru, Manggar dan Kampung Baru dam Ring tiga yaitu desa-desa binaan masjid istiqamah seperti di KM. 45 dan ITCI Kabupaten PPU.

“Kita targetkan dari 25 hewan kurban itu minimal menghasilkan 900 paket daging kurban. Untuk menghindari kerumunan massa, panitia kurban mengantar langsung daging kepada mustahik dan penerima,” kata Aloy.

“Harapan kita semoga amal ibadah pengorban diterima Allah SWT dan bagi penerima daging kurban semoga mendapatkan berkah. Kemudian bagi orang mukmin selama ini tidak mampu membeli daging, bisa merasakan daging yang dikurbankan,” ujarnya menambahkan.

Pantauan IDC FM, panitia kurban Masjid Istiqamah bekerja dengan kompak dan tetap mengenakan masker. Proses penyembelihan hewan kurban rampung sekitar jam 12 siang atau sebelum masuk waktu salat Duhur dan pengambilan daging kurban oleh pengurban bisa dilakukan setelah salat Duhur. Panitia sendiri sengaja mendatangkan penjagal dan pemotong daging profesional demi efisiensi waktu.

“Daging sapi kurban di Masjid Istiqamah pun berkualitas, karena sapi berasal dari peternakan sapi Gunung Binjai yang merupakan kawasan desa binaan Masjid Istiqamah,” kata Aloy seraya tersenyum. (Imy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Prospeknya Menjanjikan, BLKI Balikpapan Buka Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– UPTD Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Balikpapan kini membuka kelas pelatihan budidaya jamur tiram. Kelas budidaya jamur tiram pada tahun 2021 telah berjalan dan rampung pada Juni lalu dengan total peserta berjumlah 16 orang.  “Untuk tahun 2021 ini kelas pelatihan budidaya jamur telah berjalan satu angkatan dan baru […]

Subscribe