Semaraknya Semaraknya Penutupan Road to FESyar Balikpapan Virtual

Redaksi

IDCFM. CO. ID; BALIKPAPAN– Road To FESyar Balikpapan yang dilaksanakan sejak 16 April 2021 resmi ditutup pada Sabtu (17/ 07/ 2021). Penutupan dikemas dalam bentuk perhelatan Festival Gerbang Halal secara Virtual yang dibuka oleh Wali Kota Balikpapan- Rahmad Mas’ud dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan- Sri Darmadi Sudibyo, Ketua Badan Wakaf Indonesia Balikpapan- Sobari, Ketua Dekranasda Kota Balikpapan, perwakilan Bupati PPU dan Bupati Paser, para pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia se Kawasan Timur Indonesia, pimpinan perbankan, serta para tokoh agama dan pimpinan pondok pesantren di Balikpapan, Paser dan PPU.

Wali Kota Balikpapan- Rahmad Mas’ud mengatakan bahwa pemerintah kota bersama Bank Indonesia berkolaborasi untuk mempercepat pemulihan ekonomi khususnya di masa pandemi. Salah satu langkah yang dilakukan adalah penyelenggaraan Festival Gerbang Halal guna memperkuat ekosistem rantai nilai halal sebagai salah satu aspek potensial dalam percepatan pemulihan ekonomi.

“Dengan festival ini diharapkan memperkuat ekosistem rantai nilai halal dengan sektor utama fokus penguatan adalah kuliner, fashion dan wisata sebagai motor penggerak ekonomi daerah,” kata Rahmad.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan- Sri Darmadi Sudibyo mengatakan kegiatan ini diisi dengan Launching Gerakan Wadah Beriman; informasi penambahan platform Gerbang Halal dalam website gerbangumkmborneo.com; Promosi Destinasi Wisata Halal; Muslim Fashion Show; Penyerahan Sertifikasi Halal UMKM; Penyerahan Bantuan Sosial Bank Indonesia; Business Matching dan Talkshow Keuangan Sosial Syariah.

Adapun gerakan “Wadah Beriman” yaitu Gerakan Berwakaf dan Bersedekah untuk Balikpapan Bersih Indah Aman dan Nyaman, menggunakan QRIS. Damardi berujar pengelolaan keuangan sosial menggunakan QRIS merupakan upaya mempercepat pengembangan keuangan sosial syariah karena menciptakan transaksi yang lebih aman, nyaman dan mudah.

“BI juga mendukung Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia yang digagas oleh Pemerintah dengan mempromosikan Mangrove Center Graha Indah sebagai destinasi wisata ramah muslim dengan mengintegrasikan konsep wisata alam dan fasilitas ibadah yang lengkap serta kuliner halal, ” ujarnya.

Dalam penutupan Road to FESyar, BỊ Balikpapan serahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Ponpes Trubus Iman di Kab Paser berupa bantuan pemberdayaan usaha air minum. Bantuan juga diberikan kepada Ponpes Al – Muttaqien Balikpapan berupa bantuan usaha pengeboran. Selain itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan juga memfasilitasi business matching antara ponpes binaan dan mitra binaan, pembiayaan syariah kepada UMKM oleh Bank Syariah Indonesia dan Pegadaian Syariah, serta Koperasi Pegawai Bank Indonesia dengan Koperasi Syariah Borneo Madani.

“BI juga simbolis serahkan sertifikat halal kepada 12 UMKM yang difasilitasi perolehannya dengan berkolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kalimantan Timur dan Lembaga Penjamin Halal (LPH) – LPPOM MUI Kalimantan Timur, ” kata Darmadi.

“Sertifikat halal tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai produk UMKM sehingga dapat menembus pasar yang lebih luas, ” ujarnya menambahkan.

Di akhir rangkaian acara, diselenggarakan talkshow keuangan sosial syariah (ZISWAF) yang dibawakan oleh Ustadz Wijayanto. Dalam talkshow ini dijelaskan mengenai pentingnya zakat, infaq dan sedekah bagi umat muslim yang selain untuk menunaikan kewajiban dan sunnah, juga dapat mempercepat pemerataan ekonomi ummat khususnya di masa pandemi ini.

“Dana yang mengalir melalui ZIS merupakan salah satu solusi dalam percepatan pemulihan ekonomi utamanya saat ini telah banyak kemudahan – kemudahan dalam bersedekah,” ujar Ustd Wijayanto. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Idul Adha, Pertamina Tambah 339.240 Tabung Untuk Kalimantan

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Kalimantan memastikan kebutuhan pasokan bahan bakar masyarakat tercukupi terutama selama masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menjelang Idul Adha. Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR Kalimantan- Susanto August Satria mmengkonfirmasi bahwa seluruh lembaga penyalur Pertamina, mulai dari Stasiun Pengisian […]

Subscribe