152 Anggota BPD Dilantik, Bupati Ardiansyah Ingatkan Tugas dan Fungsi

Redaksi
IDCFM.CO.ID; KUTAI TIMUR---Sebanyak 152 orang anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dari 20 Desa yang ada di lima kecamatan di Kutai Timur (Kutim), Kamis (15/4/2021) siang, dilantik secara serentak oleh Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman. Bertempat di Ruang Akasia Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintah Kutim, prosesi pelantikan 152 anggota BPD dengan masa jabatan 2021-2027 ini berjalan lancar dengan tetap merapkan protokol kesehatan (Prokes).

Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman dalam sambutannya menyebutkan bahwa BPD merupakan kepanjangan tangan dan perwakilan dari masyarakat yang ada di desa. Sebagai anggota BPD, memiliki tugas dan fungsi untuk mengontrol dan mengawasi jalannya pemerintahan desa, menyalurkan dan menyampaikan aspirasi masyarakat desa yang diwakili serta menyampaikan pokok-pokok pikiran pada pemerintahan desa di tempat masing-masing.

“Sebagai anggota BPD (Badan Pemusyawaratan Desa, red), sodara memiliki tugas dan fungsi untuk mengontrol dan mengawasi jalannya pemerintahan desa. menyalurkan dan menyampaikan aspirasi masyarakat desa yang diwakili serta menyampaikan pokok-pokok pikiran pada pemerintahan desa di tempat masing-masing. Oleh karenanya, sodara-sodara memiliki tugas yang cukup strategis di dalam rangka memajukan desa,” ucap Ardiansyah.

Lanjut Ardiansyah, anggota BPD juga bersama-sama dengan pemerintahan desa untuk mempersiapkan, merencanakan kegiatan-kegiatan dan program-program di desa. Termasuk dengan menyiapkan dan menyusun regulasi desa.

“Sisi lain, BPD bersama-sama dengan pemerintahan desa juga mempersiapkan, merencanakan kegiatan-kegiatan dan program di desa. Termasuk dengan menyiapkan dan menyusun regulasi di desa, baik untuk pendapatan desa maupun kemajuan desa,” jelasnya.

Ditemui usai kegiatan pelantikan, Ardiansyah berharap anggota BPD yang baru saja dilantik tidak menyia-nyiakan masa jabatan yang diberikan. Pasalnya masa jabatan anggota BPD selama 6 tahun, lebih panjang dari masa jabatan Kepala Daerah (Bupati dan Wakil Bupati) maupun Sekretaris Daerah (Sekda). Sehingga diharapkan anggota BPD yang dilantik ini nantinya mampu mengangkat potensi-potensi yang ada di desa masing-masing menjadi sesuatu yang unggul dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat desa.

“Karena tugas dan fungsi jabatannya sangat strategis, maka saya berharap mereka (anggota BPD, red) yang dilantik ini tidak menyia-nyiakan masa jabatan yang ada. Gunakan jabatan yang ada untuk menggali potensi dan keuanggulan yang ada di desa masing-masing, serta mampu mendatangkan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat desa,” pungkasnya.(Ijr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

TPID Paser Gelar High Level Meeting - Jaga Stabilitas Harga dan Pasokan di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Pada tanggal 15 April 2021, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Paser menyelenggarakan High Level Meeting (HLM) di Ruang Sadurengas Kantor Bupati Paser, dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan serta kelancaran distribusi khususnya komoditas pangan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1422 H.HLM TPID Kabupaten Paser […]

Subscribe