Kemenag Kutim Terbitkan Kadar Zakat Fitrah dan Fidhiyah 1442 Hijriah

Redaksi








IDCFM.CO.ID; KUTAI TIMUR---Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), telah menetapkan nilai kadar zakat fitrah dan fidhiyah 1442 Hijriah, tahun ini. Untuk nilai kadar zakat fitrah tertinggi ditetapkan sebesar Rp 40.000, nilai menengah sebesar Rp 35.000 dan terendah sebesar Rp 25.000.

“Alhamdulillah, dalam rapat bersama Baznas Kutim (Badan Amil Zakat Nasional Kutai Timur, red), unsur Ormas (Organisasi Massa) keagamaan, Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan, red) Kutim, sejumlah instansi terkait dan juga dihadiri langsung Bupati Kutim, kami sepakat menetapkan nilai kadar zakat fitrah 1442 Hijriah tahun ini. Tertinggi (zakat fitrah) sebesar Rp 40.000, menengah sebesar Rp 35.000 dan terendah sebesar Rp 25.000. Nilai (zakat fitrah, red) ini masih mengacu pada tahun sebelumnya,” ucap Kepala Kemenag Kutim, Nasrun.

Untuk nilai fidhiyah, lanjut Nasrun, untuk tahun ini mengalami peningkatan. Jika di tahun sebelumnya nilai fidhiyah sebesar Rp 25.000 per jiwa perharinya. Namun untuk tahun ini menjadi Rp 30.000 per jiwa perharinya, atau bertambah sebesar Rp 5.000.

“Untuk besaran kadar fidhiyah, jika tahun sebelumnya sebsar Rp 5.000 per jiwa perharinya, pada tahun ini menjadi Rp 30.000, atau ada kenaikan nilai sebesar Rp 5.000. Hal ini merupakan hasil kajian dan kondisi harga kebutuhan pokok, serta daya beli masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkan Nasrun, masyarakat nantinya bisa menyalurkan zakat fitrah sejak 3 (tiga) hari jelang hari raya Idul Fitri hingga pagi hari sebelum dilaksanakannya sholat Id, kepada pada petugas yang berada di gerai-gerai resmi atau Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang dibentuk oleh masing-masing Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) atau musholla dan berada di bawah koordinasi Baznas Kutim. Namun dikarenakan saat ini masih dalam masa pendemi Covid-19, maka dihimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19, pada saat menyalurkan zakat.(Ijr)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kemenag Kutim Himbau Umat Muslim Patuhi Prokes Selama Menjalankan Ibadah Ramadhan

IDCFM.CO.ID; KUTAI TIMUR---Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Nasrun mengingatkan agar ummat muslim yang berada di wilayah Kutim, untuk tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam melaksanakan ibadah ramadhan 1442 Hijriah. Hal ini mengingat pelaksanaan ibadah ramadhan tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. “Dalam kondisi […]

Subscribe