Musrenbang 2022 Digelar, ASKB Tergetkan Capaian Visi dan Misi Terealisasi

Redaksi
IDCFM.CO.ID; KUTAI TIMUR---Pemerintah Kutai Timur (Kutim) di bawah kepemimpinan Bupati Ardiansyah Sulaiman dan Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang, sejak Selasa (9/3/2021) hari ini hingga pekan depan, mulai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk Tahun 2022. Dari 18 kecamatan yang ada di Kutim, kegiatan Musrenbang tahun ini dimulai dari Kecamatan Rantau Pulung, kemudian menyusul Kecamatan Bengalon di hari yang sama. Sementara, Rabu (10/3/2021) esok, dijadwalkan kegiatan Musrenbang akan dilaksanakan di Kecamatan Teluk Pandan, kemudian bergeser ke Kecamatan Sangatta Selatan dan diakhiri dengan kegiatan Musrenbang di Kecamatan Sangatta Utara, pada sore harinya. Sedangkan pekan depan, akan menyusul 13 kecamatan lainnya yang berada di wilayah pedalaman dan pesisir Kutim.

Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman kepada IDCFM menuturkan jika dalam kegiatan Musrenbang tahun ini, pihaknya lebih menekankan dan fokus pada upaya memenuhi target visi dan misi yang diemban pasangan ASKB (Ardiansyah Sulaiman-Kasmidi Bulang), sebagai janji politik usai memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kutim Tahun 2020, lalu. Hal yang cukup berbeda dan menarik dengan Musrenbang kali ini, selain dilaksanakan oleh pasangan kepala daerah yang baru terpilih, kegiatan pada 18 Kecamatan ini juga langsung dipimpin oleh kedua pasangan kepala daerah, yakni Ardiansyah dan Kasmidi secara bersamaan, dengan tidak berbagi tugas wilayah.  

“Tetap visi dan misi yang akan kita tekankan dan fokus pada upaya pemenuhan target (visi dan misi, red) tersebut. Kita minta kepada masyarakat nantinya melalui Ketua RT (Rukun Tetangga, red), Desa (Kepala Desa, red) hingga Camat, itu (visi dan misi, red) yang akan kita tekankan. Mudah-mudahan nantinya semua masyarakat bisa memahami visi dan misi tersebut. Makanya dalam Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan, red) tahun ini, saya dan Pak Kasmidi harus hadir langsung berdua di setiap kecamatan dan tidak berpisah. Jadi biar masyarakat melalui pimpinanya, yakni RT, Desa dan Camat bisa langsung memahami (visi dan Misi),” ujar Ardiansyah, belum lama ini.

Lanjut Ardiansyah, bukan hanya program-program yang diusulkan dari tingkat RT, Desa hingga Kecamatan yang akan diakomodir, namun juga program pembinaan masyarakat terstruktur yang sudah diamanahi oleh Gubernur Kaltim, seperti PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah), yang memang harus diikutkan di dalam kegiatan pembangunan di lapangan.

“Jadi bukan hanya program usulan dari tingkat bawah, yakni RT, desa hingga kecamatan yang akan coba kita akomodir, namun juga termasuk program pembinaan masyarakat terstruktur yang sudah diamanahi oleh Gubernur Kaltim, seperti PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, red), Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah, red), yang memang harus diikutsertakan dalam penyusunan program, meski bukan di dalam kegiatan Musrenbang, namun dalam kegiatan pembangunan di lapangan nantinya,” jelasnya.

Terkait program-program pembangunan yang akan menjadi prioritas di setiap kecamatan, Ardiansyah menyebutkan jika semua kecamatan akan mendapatkan perlakukan yang sama dan tidak ada yang lebih diutamakan. Namun dirinya memastikan jika pembenahan di bidang infrastruktur memang masih menjadi prioritas utama seperti jalan dan jembatan, serta pemenuhan air bersih dan listrik masyarakat. Bahkan program infrastruktur ini diupayakan mendapatkan porsi lebih dalam program pembangunan di masa kepemimpinannya, hingga 50 persen. Sementara program-program lainnya akan dibagi secara proporsional.

“Semua kecamatan akan mendapatkan perlakuan yang sama dalam usulan pembangunan, kecuali infrastruktur. Kita berkomitmen untuk lebih fokus pada pembenahan dan pembangunan infrastruktur di semua wilayah, seperti jalan, jembatan, air bersih dan listrik. Bahkan porsi untuk infrastruktur ini bisa mencapai 50 persen dari program pembangunan lainnya. Sementara program lainnya di luar infrastruktur akan kita bagi secara proporsional,” pungkas Ardiansyah.(Ijr) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Telkomsel Pamasuka Fokus Pemerataan Infrastruktur Teknologi Broadband Terdepan

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan trafik akses broadband yang masih sangat tinggi pada tahun 2021 ini. Dimasa normal baru ini membuat banyak aktivitas yang harus dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi internet, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Pamasuka A. Moelky […]

Subscribe