Pertamina Resmikan CSR Kampung Toga Muara Rapak

Redaksi

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN- Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan melalui Integrated Terminal Balikpapan meresmikan program Corporate Social Responsibility (CSR) Kampung TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di RT.49 Kelurahan Muara Rapak, Kota Balikpapan, Sabtu (19/12/2020). Program ini termasuk dalam salah satu pilar CSR Pertamina yaitu Pertamina Sehat, yang mana kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian dan tanggungjawab perusahaan khususnya di Ring satu.

“Sebelumnya Pertamina merangkul masyarakat Kampung KB Semarak Ceria 68 untuk memproduksi olahan makanan sehat dengan brand PAWON (Patra Wonderfood Snack). Kini mereka diajak memanfaatkan lahan sekitar untuk ditanami tanaman obat-obatan. Program ini sejalan dengan perwujudan kota tanpa kumuh di kelurahan Muara Rapak,” kata Satria- Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR VI.

Satria berujar melalui peresmian Kampung Toga, warga setempat diharapkan bukan hanya menanam, namun merawat dan dapat memanfaatkan secara maksimal tanaman obat-obatan khususnya membantu menjaga imun tubuh keluarga di masa Pandemi Covid-19 yang belum usai. Sehingga kesehatan keluarga dan masyarakat lainnya tetap terjaga dengan baik dari dalam diri.

“Selain itu juga bertujuan meningkatkan ketahanan masyarakat selama masa pandemi seperti saat ini yang meliputi ketahanan pangan, ketahanan ekonomi, ketahanan keluarga, serta perlindungan kesehatan keluarga,”
ujar Satria.

Persemian Kampung Toga dibuka oleh Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Muara Rapak dan dihadiri oleh Lurah Muara Rapak, Sekertaris Camat Balikpapan Utara, Tim Kotaku, Kader Kesehatan Muara Rapak, Babinkamtibnas Muara Rapak, Babinsa Muara Rapak serta warga RT 49. Adi Suwito- Ketua LKM Muara Rapak mengatakan warga di kampung toga ini bekerja secara swadaya bergotong royong dan menata pemukiman mereka yang sebelumnya kumuh menjadi lebih bersih dan asri. Sehingga bantuan CSR Pertamina memiliki dampak yang luar biasa untuk warga muara rapak.

“Harapannya agar bantuan ini akan membawa keberkahan bagi masyarakat Muara Rapak dan mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian Pertamina kepada masyarakat disini serta mengharapkan program ini dapat menjadi salah satu pilot project yang dapat dikembangkan di wilayah lainnya di kelurahan Muara Rapak,” kata Adi.

Adi berujar, varietas Toga juga beragam dari seperti jahe merah dan putih, lengkuas, serai, dan beragam toga.

“Tidak hanya memperindah, tanaman toga dapat diolah menjadi beragam makanan ringan dan jamu-jamuan herbal yang dapat membantu meningkatkan imun tubuh serta dikonsumsi oleh masyarakat. Hal ini juga dapat membantu menjaga ketahanan pangan serta ekonomi masyarakat,” kata Adi menambahkan.

Harun- Sekertaris Camat Balikpapan Utara berharap agar setiap rumah dapat menanam toga serta mengolahnya secara mandiri. Ia berharap pula agar warga memanfaatkan dengan baik bantuan dari Pertamina agar bisa semakin meningkatkan brand kampung toga untuk tempat edukasi penanaman dan pengolahan toga.

“Kuncinya adalah konsisiten dengan yang telah dikembangkan, kita syukuri untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Harun.

Harun mengatakan melalui Integrasi program Pertamina Sehati Kampung Toga dan Pawon (Patra Wonderfood Snack) diharapkan dapat membantu masyarakat di masa pandemi yang terbatas pergerakannya akibat anjuran untuk tidak berkumpul serta dampak ekonomi yang menyertainya.

“Namun warga juga dapat secara mandiri melakukan kegiatan melalui penanaman toga dan produksi olahan-olahan dari tanaman toga ini,” kata Harun. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Persiapan Naru 2021, Pertamina MOR VI Kalimantan Tambah Lima Persen Stok LPG Melon

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Pertamina MOR VI Kalimantan siap hadapi lonjakan permintaan LPG melon đi pasaran, seiring momen hari besar keagamaan dan pergantian tahun masehi. Berdasarkan data yang ada konsumsi normal bulanan LPG tabung tiga Kg tersebut adalah 1.577 metrik tôn untuk wilayah Kalimantan. Pertamina pun inisiatif menambah stok LPG rumah tangga […]

Subscribe