Berlomba Meraih Prestasi di Tengah Pandemi

Redaksi

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Siswa-siswi SD Al-Imam Islamic School Balikpapan tampak masih lelah setelah sepekan lebih melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS). Setiap hari harus menjawab soal berbagai macam pelajaran. Berbeda-beda. Berjam-jam menatap layar laptop atau handphone.

Belum sempat melepas lelah, kini mereka harus menghadapi tantangan baru: Perlombaan cerdas cermat, dan tahfidz Al-Qur’an. Perlombaan ini sengaja diadakan oleh sekolah Islam berbasis tahfidz dan kurikulum internasional ini untuk memaksimalkan waktu dan potensi siswa.

“Semua siswa punya potensi luar biasa. Di bidang masing-masing. Lomba cerdas cermat, dan tahfidz Al-Qur’an ini sebagai media untuk menguji, dan mengekspresikan potensi serta bakat siswa,” tutur Ustaz Randi.

Menurutnya, masa pandemi tidak boleh jadi alasan siswa untuk tidak berprestasi. Siswa lebih banyak waktu kosong dan bermain. Justru di tengah waktu seperti ini, siswa harus digenjot, dan dilatih untuk terus berprestasi. Karena itu, sekolah menyediakan ajang lomba bagi siswa agar termotivasi berlomba dalam prestasi.

Lomba Cerdas Cermat, dan Tahfidz Al-Qur’an ini dilaksanakan selama tiga hari. Dimulai hari Rabu, 30 September—diawali pembukaan dan sambutan oleh Kepala Sekolah, Ustaz Randi Patangan,—hingga Jumat 2 Oktober 2020. Ada dua jenis perlombaan dalam event kali ini: cerdas cermat, dan tahfidz Al-Qur’an.

Untuk cerdas cermat terdiri dari beberapa mata pelajaran: Tematik, sains, matematika, bahasa Inggris, bahasa Arab, dan Pendidikan Agama Islam. Dalam lomba cerdas cermat ini terdiri beberapa babak. Setiap babak berbeda soal, dan dengan tingkat kesulitan yang juga berbeda. Peserta dengan nilai tertinggi akan keluar sebagai pemenang.

Setali tiga uang lomba tahfidz Al-Qur’an. Pemenangnya memiliki beberapa kategori. Di antaranya kelancaran, tajwid, dan makhorijul huruf. Jika siswa memiliki nilai tertinggi dalam kategori ini, akan keluar sebagai pemenang.

Jangan khawatir dan takut soal hadiah. Menurut Ketua Lomba Cerdas Cermat, dan Tahfidz Al-Qur’an, Ustazah Annisa, panitia telah menyediakan berbagai macam hadiah menarik. Seperti, piala, sertifikat, dan tiket yang bisa ditukarkan dengan hadiah di sekolah.

“Panitia telah menyediakan 14 piala untuk semua pemenang dengan berbagai macam kategori,” tutur ustazah pengampu pelajaran Al-Qur’an ini.

Ustaz Randi meminta agar seluruh siswa bersemangat dalam mengikuti perlombaan ini. “Jangan lihat hadiahnya. Tapi lihatlah bagaimana ananda sekalian berusaha semaksimal mungkin, dan memberikan hasil yang terbaik. Selagi masih muda, raih prestasi sebanyak mungkin,” tutupnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Awas COVID-19 !!! 40 Klaster Keluarga Terbentuk di Kutim

IDCFM.CO.ID,SANGATTA - Masyarakat hendaknya lebih melek mata terhadap perkembangan kasus COVID-19 di wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Pasalnya, hingga Senin (5/10/2020) petang kemarin, perkembangan data terbaru penanganan kasus COVID-19 di wilayah Kutim cukup mengejutkan. Jumlah akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 kini sudah mencapai 495 kasus, dengan jumlah terkonfirmasi sembuh sebanyak […]

Subscribe