Penurunan Harga Bahan Makanan dan Tarif Angkutan Udara Kembali Dorong Deflasi Agustus 2020

Redaksi

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Kota Balikpapan pada bulan Agustus 2020 mencatatkan deflasi sebesar -0,21% (mtm), meskipun tidak sedalam jika dibandingkan periode sebelumnya yang sebesar -0,30% (mtm). Secara tahunan, inflasi IHK Kota Balikpapan tercatat sebesar 0,32% (yoy). Inflasi tahunan Kota Balikpapan tersebut masih berada di bawah target inflasi tahun 2020 yang sebesar 3,0%±1.


Berdasarkan kelompok pengeluaran, deflasi pada bulan laporan disebabkan oleh penurunan harga kelompok makanan, minuman, dan tembakau dengan sumbangan sebesar -0,24% (mtm) yang berasal dari berlanjutnya penurunan harga daging ayam ras, bawang merah dan tomat seiring dengan kecukupan pasokan di tengah konsumsi yang masih tertekan selama Pandemi Covid-19.

Kelompok transportasi juga menyumbang deflasi -0,09% (mtm) yang berasal dari penurunan tarif angkutan udara pada periode low season. Sementara itu, laju deflasi tertahan oleh peningkatan harga dari kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya (andil 0,11%/mtm) seiring dengan masih meningkatnya harga emas perhiasan.


Ke depan, beberapa faktor yang diperkirakan masih akan memberikan tekanan inflasi, diantaranya adalah: i) potensi kenaikan biaya pendidikan khususnya Perguruan Tinggi, ii) masuknya angin selatan yang mempengaruhi ketinggian ombak laut sehingga diperkirakan mempengaruhi produksi ikan laut serta berpotensi terhadap ketidaklancaran distribusi, dan iii) masih berlanjutnya tren kenaikan permintaan emas pada masa Pandemi COVID-19.


Bank Indonesia bersama Pemerintah Daerah melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan terus bersinergi dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga di tengah Pandemi COVID-19, serta memperkuat koordinasi kebijakan guna memastikan inflasi tetap rendah dan stabil sesuai sasaran target inflasi. (Rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Giat Manajemen Pertamina Di Dari Pelanggan Nasional

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Memperingati Hari Pelanggan Nasional, Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan melibatkan manajemen untuk terjun langsung menyapa para pelanggan produk Pertamina di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Coco MT Haryono 61.761.03 Kegiatan serupa juga dilakukan di SPBU 64.761.18 Jalan Mulawarman di Balikpapan dan beberapa SPBU lainnya di provinsi […]

Subscribe