Wakil Wali Kota Balikpapan Himbau Warga Tidak Adakan Halal Bihalal

Redaksi

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Lebaran tahun ini kota Balikpapan masih berada pada zona merah penularan Covid-19. Oleh karena itu warga masyarakat diminta untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam mengedepankan hidup bersih dan sehat serta menjaga jarak guna menekan penularan wabah covid-19.

Rahmad Masud– Wakil Wali Kota Balikpapan mengajak masyarakat Balikpapan untuk menyikapi momen lebaran atau Idul Fitri tahun ini dengan bijak dan mengikuti himbauan pemerintah. Himbauan tersebut adalah dengan memindahkan kegiatan ibadah di rumah saja dan menghindari keramaian. Langkah tersebut ditempuh setelah diadakan pertemuan antara pemerintah kota bersama pihak terkait seperti MUI, NU dan Dewan Masjid Indonesia.

“Baru-baru ini dipanggil dari MUI, NU berkumpulnya para ulama, kita buka riwayat dan hadis dan mereka menetapkan karena kondisinya sudah wabah sehingga dihimbau memindahkan aktivitas ibadah ke rumah sampai pandemi berakhir. Sehingga masyarakat kami himbau untuk cukup saja mentaati aturan yang ada,” kata Rahmad.

Selain melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di rumah, warga Balikpapan juga dihimbau untuk meniadakan halal bi halal dan open house. Termasuk meniadakan perjalanan keluar daerah, khususnya bagi PNS yang memiliki fasilitas mobil dinas.

“Kita hidup di NKRI, apalagi plat merah tidak adakah open house, halal bihalal. memang dilema karena ini aturan pemerintah jadi kita ikuti. Kalau memang masih ada yang open house atau bertamu pastikan betul kondisinya sehat dan memang selama ini menjalankan protokol pencegahan penularan covid dengan benar,” kata Rahmad lagi.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini mengatakan situasi pandemi covid-19 ini akan mempengaruhi target perolehan zakat kota Balikpapan selama Ramadhan. Namun ia berharap situasi ekonomi di Indonesia dan di Balikpapan khususnya bisa segera pulih dan normal kembali.

“Tentunya ditengah turunnya ekonomi masyarakat akan pengaruh terhadap realisasi penghimpunan zakat pada Ramadhan tahun ini. Mudah-mudahan potensi zakat yang belum terhimpun, terutama dari pengusaha muslim  di Balikpapan, bisa terpenuhi targetnya,” ujarnya menambahkan. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Hulu Migas Salurkan Dukungan Bantuan Tahap ke-2 kepada Wartawan Lokal

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) – Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) di Wilayah Kalimantan & Sulawesi menyadari bahwa pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia saat ini tentunya menimbulkan dampak terhadap banyak pihak termasuk kepada para awak media, antara lain karena terbatasi ruang geraknya […]

Subscribe