Wali kota Balikpapan Himbau Rusak Masker Sebelum Dibuang

Redaksi

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Stok masker bedah di apotik dan pusat perbelanjaan pasca merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 sampai saat ini masih langka alias sulit didapati. Namun belakangan ini muncul dimedia sosial penjualan masker secara eceran yang dikemas dalam bungkus plastik dan dijual dengan harga lebih tinggi dari pasaran.

Rizal Effendi- Wali Kota Balikpapan mengatakan pada sejumlah daerah di Indonesia telah didapati oknum-oknum yang menjual masker bekas pakai. Masker bekas pakai tersebut didaur ulang demi mendapatkan keuntungan lebih.

“Kita lihat di berita itu ada oknum-oknum yang memanfaatkan kelangkaan masker dengan menjual masker bekas yang sudah di daur ulang. Maskernya dicuci, baru disetrika lagi, sehingga terlihat seperti baru,” kata Rizal.

Terkait hal itu, Rizal menghimbau masyarakat Balikpapan untuk memperhatikan ketika sehabis menggunakan masker. Ia mengatakan sebelum dibuang ketempat sampah, masker di robek atau di gunting sedemikian rupa agar tidak bisa dipergunakan kembali.

“Kalau maskernya sudah tidak bisa dipakai lagi sebaiknya di robek, jangan dibuang begitu saja. Nanti ada yang nakal dicuci dan disetrika kemudian di jual lagi,” kata Rizal mengingatkan.

Masker daur ulang dipastikan rentan menularkan virus dan bakteri dari pengguna sebelumnya. Sehingga jika menggunakannya bukan menjaga kesehatan, melainkan akan tertular penyakit. 

Adapun tips untuk mengetahui masker tersebut daur ulang atau tidak diantaranya dengan memperhatikan  merk masker dan kotak kemasan masker adalah sama. Selain itu kondisi fisik masker tidak ada bekas kotoran.

“Karena masker sampai saat ini masih langka, kami himbau agar yang menggunakan masker adalah orang-orang yang sakit saja, agar tidak menularkan kepada orang-orang disekitarnya,” kata Rizal mengingatkan. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pertamina RU V Bantu Disinfeksi di Kota Balikpapan

IDCFM.CO.ID; Balikpapan – Diketuai oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, Pertamina RU V ikut berpartisipasi dalam kegiatan disinfeksi di beberapa wilayah di kota Balikpapan dengan mengirimkan tim dan satu unit mobil pemadam kebakaran, Rabu (25/3). Region Manager Communication & CSR Kalimantan, Roberth Marchelino Verieza mengatakan pengiriman tim dan […]

Subscribe