Corona Mewabah, MUI Balikpapan Ingatkan Pola Hidup Islami

Redaksi

IDCFM.CO.ID: BALIKPAPAN– Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan imbauan terkait virus corona atau covid-19 yang terus mewabah. 

H. M. Djailani– Sekretaris MUI Kota Balikpapan mengatakan mengacu pada tausiah yang disampaikan oleh MUI Pusat, masyarakat dihimbau tetap tenang, bersatu dan juga kedepankan sikap saling membantu. 

MUI meminta umat islam agar teguh pada pola hidup islami seperti hanya memakan makanan yang halal, serta berpakaian dan bermuamalah sesuai ridho Allah SWT. Masyarakat muslim juga diserukan untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT, segera bertaubatm dan menghindari perilaku dzolim serta menghindari kemaksiatan agar penyebaran wabah corona bisa dihindari dengan izin Allah SWT.

“Ini lah yang dianjurkan agar virus tidak menyebar. Ada juga upaya yang dilakukan ulama yang paham kebersihan di pesantren, masjid, sudah saatnya dilakukan himbauan agar teguh pada pola hidup islami,” kata Djailani.

Kata Djailani menjelaskan, upaya-upaya secara mental dan spiritual untuk menangkal virus dan wabah penyakit juga disa dilakukan melalui doa-doa. Umat islam diajak lakukan Qunut Nazilah, guna menangkal malapetaka. Qunut Nazilah dibacakan setiap salat fardhu yang dilafaskan pelan, seperti bacaan doa qunut bagi sebagian masyarakat yang laksanakan salat subuh.

“Sudah sampai 88 negara yang terjangkit wabah ini. Alhamdulillah Balikpapan sampai saat ini masih dalam perlindungan Allah SWT. Tetapi kita juga harus mengiringinya dengan doa dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah,” kata Djailani lagi.

Djailani juga mengingatkan masyarakat muslim Balikpapan untuk menjaga wudhu dan berwudhu dengan tertib dan benar. Seperti yang direkomendasikan ulama-ulama, bahwa wudhu salahsatu upaya bentuk kesehatan dan tetap bersih. Beberapa sahabat Rosul, kata Djailani, selalu menjaga wudhunya agar ketika batal dengan melakukan wudhu kembali.

“Berwudhulah sesuai tata cara, tertib dan sempurna. Bukan sekedar cuci tangan, kumur basuh hidung. Khususnya saat mencuci kedua tangan dan berkumur dilakukan lebih ekstra. Ketika membasuh hidung juga lakukan dengan sempurna. Sesuai pernyataan ahli kesehatan, wudhu ini dapat menangkal virus, bukan hanya corona,” kata Djailani menekankan. (Imy) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

BI Balikpapan: Dampak Wabah Corona Kecil Terhadap Ekonomi Daerah

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Bimo Epyanto- Kepala kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan mengatakan roda ekonomi di Balikpapan dan sekitarnya akibat wabah corona cukup kecil. Berbeda halnya jika dibandingkan dengan Bali yang sektor pariwisatanya didominasi turis asal negara China. Bimo berujar, Balikpapan dan sekitarnya tidak berhubungan langsung dengan aktivitas ekspor. Adapun dampak yang […]

Subscribe