Norwegia Dukung Pembangunan IKN Baru Rendah Karbon

Redaksi

IDCFM.CO.ID, BALIKPAPAN– Duta Besar Norwegia untuk Indonesia H. E. Vegard Kaale bersama anggota parlemen Komisi Luar Negeri dan Pertahanan Norwegia mengunjungi kota Balikpapan pada Kamis (23/01/2020). Mengambil tempat Novotel Balikpapan, kunjungan diplomat beserta rombongan ini disambut antusias oleh Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Selanjutnya dilakukan diskusi seputar peluang kerjasama Norwegia Kaltim, khususnya bidang-bidang yang mungkin dikerjasamakan pada pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

“Kami ingin lihat kira-kira punya apa untuk investasi di IKN. Biasanya akan di bidang-bidang menarik seperti energi terbarukan atau kota modern.Gubernur Kaltim sangat terbuka apa yang bisa dikerjamakan,” kata Vegard kepada wartawan usai pertemuan.

Vegard mengatakan Norwegia dan Indonesia telah menjalin kemitraan yang kuat dalam 10 tahun terakhir. Norwegia cukup konsisten bekerjaama khususnya bidang pengurangan emisi karbon. Dalam perjalanannya, kolaborasi kedua negara berjalan dengan baik, terutama dengan pemerintah di daerah.

Hubungan bilateral Norwegia dan Indonesia sudah 70 tahun. Tercatat sudah ada puluhan perusahaan Norwegia yang memiliki kerjasama di Indonesia dalam bidang minyak dan gas, industri maritim, perikanan, akuakultur atau budi daya perairan dan energi terbarukan.

“Kunjungan kami ke Indonesia bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Norwegia dan Indonesia. Momentum ini baik untuk melihat pencapaian sejauh mana dab memperkuat kolaborasi kemudian hari,” ujarnya.

“Kedepan kami ingin perkuat kolaborasi beberapa bidang selain iklim, ada juga maritim, energi, perikanan, akuakultur. Kami melihat prinsip semangat IKN cukup modern, hijau dan berkelanjutan,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor sampaikan apresiasi kepada pemerintah Kerajaan Norwegia yang memprioritaskan Kaltim dalam pembangunan berwawasan lingkungan. 

Isran berujar, Kaltim memang sudah memiliki peraturan daerah mengenai perubahan lingkungan. Satu diantaranya adalah larangan memperluas atau menambah areal perkebunan sawit. pengusaha perkebunan sawit hanya diperbolehkan untuk revitalisasi dan tingkatkan produktivitas saja.

“Kan Kaltim sudah ada payung hukum seperti Perda mengenai perubahan lingkungan, seperti cegah bikin baru perkebunan sawit. Kalau buahnya habis ya teknologi produksinya. Kaltim juga sudah mengatur tentang reklamasi tambang, tidak ada lagi pembangunan di lahan gambut dan hutan primer. iIu kesepakatan pemerintah indonesia saat era prresiden SBY. Bagi Norwegia peraaturan ini sangat bermanfaat,” kata isran menguraikan.

Kata Isran menjelaskan, dalam pertemuan selama satu jam tersebut sempat terucap kekhawatiran Norwegia terkait pemindahan IKN ke Kaltim akan mempengaruhi kualitas paru-paru dunia.Seperti diketahui pulau Kalimantan kaya dengan hutannya dan diakui sebagai salahsatu paru-paru dunia. Dengan menjadikan Kaltim sebagai IKN, sarana penunjang terus ditambah sehingga otomatis menggusur hutan-hutan yang ada.

“Saya sampaikan pada anggota parlemen Norwegia IKN tidak mengganggu dan tidak merusak lingkungan, termasuk perekonomian dalam hal kepala sawit. Termasuk pengembangan Hutan Tanaman Industri kita lakukan pembangunan itu dengan wawasan lingkungan,” ujar Isran.

Isran juga mengatakan Kaltim akan mendapatkan dana kompensasi dari Bank Dunia untuk pembangunan rendah karbon sebesar 120 juta dolar AS. Dana ini akan diturunkan secara bertahap mulai tahun 2022 sampai dengan 2024. Dana ini akan dikoordinasikan pemerintah pusat dalam hal ini Kemen LHK, kepada negara-negara peduli lingkungan, satu diantaranya Norwegia.

 “Saya sampaikan juga akan dibuat sebuah penawaran atau sayembara internasional bagaimana agar IKN ini berbasis lingkungan, green city, sustainable city. Tidak ada pilihan lain kita harus ikuti kaedah lingkungan. Karena itu kebutuhan kita, lingkungan keperluan kita,” kata Isran menambahkan. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kantongi 98 Persen Syarat Dukungan, Ustad Siregar Masih Rahasiakan Balon Wakil

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Ustad Solehudin Siregar kian mantapkan diri untuk maju melalui jalur Independen dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan 2020. Tim sukses yang dinamai “Tim Sahabat Ustad Siregar” bekerja maksimal agar bisa lolos seleksi pendaftaran bakal calon kepala daerah. Sebagaimana diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan mensyaratkan jumlah […]

Subscribe