951 Pangkalan dan 70 SPBU di Kalimantan Disiagakan

Redaksi

IDCFM.CO.ID, BALIKPAPAN– Pertamina Kalimantan menyiapkan agen dan pangkalan siaga guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan LPG tiga kg pada libur panjang akhir tahun.

General Manager Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan, Boy Frans J. Lapian mengatakan Pada momen libur panjang yang berbarengan dengan jari besar keagamaan dan pergantian tahun, diprediksi peningkatan kebutuhan LPG meningkat. Untuk mengantisipasinya, Pertamina Kalimantan meningkatkan stok LPG tiga kg sebesar  tujuh% dari rata-rata normal bulanan.

“Pertamina meningkatkan stok tujuh persen atau sekitar 1.595 Metrik Ton dari konsumsi normal bulanan yaitu 1.492 Metrik Ton untuk wilayah Kalimantan,” kata boy pada Jumat (20/ 12/ 2019).

Kata Boy menjelaskan, penambahan penyaluran LPG tiga kg telah dilakukan sejak minggu ke-2 bulan Desember dengan penambahan fakultatif untuk wilayah Kalimantan sebanyak 2.351 Metrik Ton (783.600 Tabung). Penyaluran ini telah disalurkan ke 234 agen and 10.173 pangkalan yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan.

“Untuk wilayah Kalimantan Timur, penambahan fakultatif sebanyak 459 Metrik Ton atau sebanyak 153.040 Tabung,” ujarnya lagi.

“Sebanyak 234 Agen dan 951 Pangkalan disiagakan diseluruh wilayah Kalimantan. Tidak hanya agen dan pangkalan LPG tiga kg saja, untuk LPG Non Subsidi Pertamina juga menyiapkan 64 Agen siaga dan 276 pangkalan LPG Non subsidi,” ujar Boy menambahkan.

Selain menambah pasokan LPG tiga Kg, persiapan di sektor transportasi darat, Pertamina juga menambah cadangan BBM guna antisipasi peningajatn permintaan. Untuk BBM jenis premium ditambah enam persen, pertalite sembilan persen dan pertamax tiga persen. 

Sebanyak 70 SPBU di Kalimantan yang berada pada jalur mudik dan wisata juga disiagakan. Dengan rincian Kalimantan Timur 10 SPBU, Kalimantan Barat 36 SPBU, Kalimantan Tengah 7 SPBU, dan Kalimantan Selatan 16 SPBU. 

“Seluruh SPBU siaga ini akan beroperasi selama 24 jam dan telah dilakukan build up stok sejak H-7. Khusus untuk area wisata Derawan, Pertamina juga menyiapkan 1 SPBU kantong untuk mengantisipasi lonjakan wisata,” kata Boy memastikan.

“Pertamina juga menyiapkan penambahan Mobil Tanki sebanyak 38 unit  sehingga total ada 524 unit dan penambahan 76 Awak Mobil Tangki, sehingga menjadi 1.048 orang. Mereka siaga sampai dengan delapan Januari 2020,” kata Boy menambahkan. 

Apabila menemukan adanya kendala dan hambatan distribusi yang terjadi di lapangan, dapat disampaikan melalui contact Pertamina yaitu 135 atau melalui email ke pcc@pertamina.com dan telpon ke contact center Satgas MOR VI (0542) 7524567/4313. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pastikan Pangkalan jual LPG 3kg Sesuai HET, Pertamina Kumpulkan Semua Agen

IDCFM.CO.ID; BALIKPAPAN– Sebagai upaya untuk memastikan pangkalan LPG 3 kg menjual harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET), Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI mengumpulkan seluruh Agen LPG 3kg di wilayah Kalimantan (9/20). General Manager Pertamina MOR VI Boy Frans Justus Lapian menjelaskan bahwa Agen mempunyai kewajiban untuk mengawasi seluruh pangkalan […]

Subscribe