Bukan Hanya Resmikan Tol Balsam, Ini Agenda Presiden Saat Mengunjungi Kaltim

Redaksi

IDCFM,CO.ID, BALIKPAPAN– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan resmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda Balsam) pada Selasa (17/ 12/ 2019). Adapun jalan tol ini memiliki bentang panjang 99,35 Km yang dibagi dalam lima segmen. Namun yang telah rampung ada pada segmen dua, segmen tiga dan segmen empat dengan total bentang panjang 66 Km.

Rizal Effendi-  Wali Kota Balikpapan mengatakan, presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri sejumlah kegiatan di Balikpapan. Selain meresmikan tol Balsam yang merupakan tol pertama di Kalimantan, presiden juga akan mengunjungi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Manggar.

“Pak presiden nanti akan akan bermalam di Balikpapan. Karena Rabu akan meresmikan tempat pembuangan sampah kita. Untuk diketahui TPAS Manggar adalah terbaik di Indonesia. Betapa hebatnya Presiden kita mau resmikan tempat sampah,” kata Rizal saat menyampaikan sambutan di acara e-Toll day di lapangan merdeka Balikpapan pada Ahad (15/ 12/ 2019). 

Rizal mengatakan produksi sampah di Balikpapan mencapai 400 ton per hari. Pemerintah melakukan sejumlah terobosan dan inovasi guna mengurangi dan menekan volume sampah yang terbuang ke TPA. Selain itu, kampanye pengurangan sampah plastik dan membawa tumbler sebagai wadah air minum juga terus di gelorakan. Hal ini guna memupuk kesadaran masyarakat akan dampak dari sampah yang dibuang pada sembarang tempat.

“Tanggal 17 pak Jokowi meresmikan tol pertama di Kalimantan, dan Rabunya meresmikan TPAS Manggar. Ini kesempatan buat masyarakat kota Balikpapan yang ingin berjumpa langsung dengan Presiden Jokowi,” kata Rizal lagi.

Adapun kegiatan Jokowi usai meresmikan tol adalah melihat lokasi Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Kata Rizal, Jokowi menargetkan istana kepresidenan sudah terbangun di tahun 2021 dan pada tahun 2024, kepala negara sudah ber kantor di Kalimantan Timur.

“Setelah resmikan tol ke IKN baru. 2024 presiden sudah pindah ke Sepaku. Mari kita manfaatkan peluang ini. 460 triliun rupiah itu ga tanggung-tanggung biayanya,” kata Rizal.

Rizal pun mengapresiasi kinerja PT Jasamarga dalam menyelesaikan proyek jalan tol. Ia mengatakan, jika jalan tol sudah rampung seluruhnya, diproyeksikan kembali menghidupkan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan. Sebagaimana diketahui, retribusi parkir dari bandara Sepinggan turun hingga 50 persen, pasca beroperasinya Bandara APT Pranoto Samarinda.

“Kemaren waktu APT Pranoto diresmikan kita kehilangan pendapatan parkir 500 juta rupiah se-hari. Kalau jalan tols udah lancar warga Samarinda dan sekitarnya tetap pake Bandara Sepinggan ketimbang Samarinda banjir lagi,” ujarnya lagi. 

“Penerapan uang eletronik untuk pengguna jasa tol saya kira baik. Uang elektronik lebih aman, praktis dan tidak antre. Selain itu membantu mengurangi belanja pemerintah dalam mencetak uang,” kata Rizal menambahkan. (Imy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

951 Pangkalan dan 70 SPBU di Kalimantan Disiagakan

IDCFM.CO.ID, BALIKPAPAN– Pertamina Kalimantan menyiapkan agen dan pangkalan siaga guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan LPG tiga kg pada libur panjang akhir tahun. General Manager Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan, Boy Frans J. Lapian mengatakan Pada momen libur panjang yang berbarengan dengan jari besar keagamaan dan pergantian tahun, diprediksi peningkatan […]

Subscribe