Indeks Kepuasan Layanan RSUD Beriman Mencapai 86 Persen

Redaksi

IDCFM.CO.ID, BALIKPAPAN–Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman Kota Balikpapan terus tingkatkan kualitas dan fasilitas pelayanan evaluasi dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit yang diresmikan pada tahun 2015 tersebut.

Direktur Utama RSUD Beriman Balikpapan dr. C. I. Ratih Kusuma W. mengatakan, lembaga independen melakukan survei. Survei mengacu pada dua kategori yaitu pada pelayanan pasien rawat jalan dan pelayanan pasien rawat inap. Hasil survei menunjukan terjadi peningkatan kepuasan pelayanan pada dua kategori yang ada.

“Ini survei yang dibuat lembaga indepen. Instalasi Rawat Inap tahun 2018 79,24 persen sementara tahun 2019 ini naik menjadi 82,24 persen. Untuk Instalasi Rawat Jalan ini cukup tinggi meningkat empat persen. Tahun 2018 sebesar 82 persen, sedangkan tahun 2019 menjadi 86, 65 persen,” ujarnya pada Rabu (11/ 12/ 2019).

Kata dr. Ratih menjelaskan, kepuasan masyarakat atas layanan RSUD Beriman tidak lepas dari komitmen dan solidaritas seluruh pihak pengelola RSUD. Civitas Hospitalia RSUD Beriman mampu pertahankan pelayanan prima yang mana penghargaan tertinggi tersebut juga diberikan Kemenpan RB kepada RSUD Beriman selama dua tahun berturut-turut. Selain itu, pada tahun 2019 ini RSUD Beriman telah menambah sejumlah unit pelayanan untuk melengkapi fasilitas yang ada.

“Kami sudah kembangkan layanan Perlindungan Perempuan dan Anak untuk menangani perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan. Kami juga sudah ada pelayanan geriyatri atau pelayanan khusus pasien lansia,” ujarnya menjelaskan.

dr. Ratih mengatakan pertumbuhan pasien RSUD Beriman setiap tahun berada dikisaran 10 sampai dengan 30 persen. Awal dibuka untuk umum pada tahun 2015, jumlah pasien baik pasien rawat jalan dan pasien rawat inap berjumlah sekitar 40.000 orang. Pada tahun 2018 total pasien yang berobat ke RSUD Beriman berjumlah 92.000 orang.

Adapun jumlah pasien sepanjang 2019 sampai dengan Oktober berjumlah 79.000 orang. Sehingga jika dirata-rata setiap bulannya rumah sakit yangberada di kawasan gunung malang ini melayani sekitar 8.000 pasien.

“Kami juga telah menambah jumlah tempat tidur, sebelumnya 115 menjadi 128 tempat tidur. Kami berterimakasih kepada seluruh pengguna layanan RSUD Beriman apresiasi agar kami terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada pasien dan masyarakat,” kata dr. Ratih. 

Untuk diketahui RSUD Beriman Kota Balikpapan tahun ini menyabet sejumlah penghargaan baik di tingkat kota maupun tingkat nasional. Untuk tingkat kota, RSUD Beriman pada Desember ini mendapatpenghargaan khusus Organisasi Perangkat Daerah pelaksana program CSR bidang lingkungan dan kesehatan.

Untuk tingkat nasional, pada 10 Desember 2019 RSUD beriman menerima apresiasi penganugerahan pembangunan zona integritas dalam tata kelola pemerintahan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Pada kesempatan yang sama dr. Ratih juga menerima penghargaan sebagai pelopor perubahan pembangunan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) di lingkungan Pemkot Balikpapan. (Imy) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bukan Hanya Resmikan Tol Balsam, Ini Agenda Presiden Saat Mengunjungi Kaltim

IDCFM,CO.ID, BALIKPAPAN– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan resmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda Balsam) pada Selasa (17/ 12/ 2019). Adapun jalan tol ini memiliki bentang panjang 99,35 Km yang dibagi dalam lima segmen. Namun yang telah rampung ada pada segmen dua, segmen tiga dan segmen empat dengan total bentang panjang 66 […]

Subscribe