Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur Siap Menghadapi IKN Baru

Redaksi 1

IDCFM.CO.ID, BALIKPAPAN—Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Timur siap menghadapi lonjakan aktivitas ekspor impor barang di Kalimantan seiring perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Fitra Krisdianto Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madia Pabean (TMB) Balikpapan mengatakan saat ini standar operasional kantor bea cukai sudah dilakukan sedemikian rupa. Sesuai dari arahan Dirjend Bea dan Cukai serta dari Kementrian Keuangan, kantor wilayah bea dan cukai di daerah diharapkan memberi pelayanan semakin baik, cepat dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Tidak ada sifat yang baru karena segala sesuatunya sesuai standar dan sudah dilakukan sedemikian rupa. Arahan dari dirjen dan Kemenkeu agar pelayanan bea cukai semakin baik, cepat dan dipertanggungjawabnya,” kata Fitra pada Selasa (15/10/2019).

Fitra mengatakan belum ada arahan dari pemerintah pusat yangs ifatnya terorganisir. Termasuk gambaran mengenai kegiatan ekspor impor barang, apakah akan beralih ke Balikpapan. Sebab selama ini kegiatan tersebut di lakukan di Pelabuhan Tanjung Priok.

Namun jika ekspor impor di alihkan ke Balikpapan, bea dan cukai tidak menambah unit kantor wilayah. Hanya saja unit yang sudah ada akan dinaikkaan tipikalnya guna memaksimalkan kinerja dan pelayanan. Sebab tipikal pengawasan bea cukai di Tanjung Priok dan Semayang Balikpapan sudah sama.

“Paling tipikalnya dinaikkan dengan melihat kira-kira tipe yang sesuai seperti apa. Kita melihat dari infrastruktur bandara dan pelabuhan yang semakin besar. Sehingga tidak ada perubahan krusial,” ujarnya.

Penambahan personel bea cukai, kata Fitra, juga tidak perlu dilakukan. Pihaknya memiliki program pertukaran data baik yangs ifatnya eksportir maupun importer. Sehingga pengawasan dilakukan secara virtual.

“Harus diingat sekarang ini pengawasan tidak perlu fisik disitu. Kami punya program pertukaran data dengan pihak terkait yang sifatnya eksportir dan importer. Sistem ini sudah berjalan dan sangat membantu kami dalam pengawasan,” ujarnya menambahkan. (Imy)

One thought on “Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur Siap Menghadapi IKN Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

BEI Dorong Perusahaan Kaltim Melantai di Pasar Modal

IDCFM.CO.ID, BALIKPAPAN—Bursa Efek Indonesia (BEI) dorong perusahaan di Kaltim memanfaatkan pasar modal, khususnya untuk pembangunan Kaltim. Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Balikpapan Dinda Amaliya mengatakan, saat ini tercatat ada sekitar 12 perusahaan di Kaltim yang tengah mengurus Initial Public Offering (IPO).  Kata Dinda menjelaskan, 12 perusahaan lokal yang mendaftar di […]

Subscribe